cpu-data.info

Saat Smartwatch Bantu Dokter Pantau Kondisi Kesehatan Pasien...

Samsung Galaxy Watch 7
Lihat Foto

- Perangkat wearable seperti smartwatch yang beredar di pasaran, kian dilengkapi aneka fitur penunjang kesehatan dan kebugaran.

Selain dapat memantau detak jantung, waktu tidur, hingga jumlah langkah, beberapa smartwatch juga dilengkapi dengan fitur yang dapat merekomendasikan tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kebugaran pengguna.

Fitur-fitur itu rupanya dinilai penting oleh dokter sekaligus konsultan nutrisi, Andira Utami.

Beberapa orang yang kerap berkonsultasi ke Andira, adalah mereka yang masih sehat dan tetap ingin menjaga kesehatannya, orang yang sakit tetapi tidak ingin komplikasi, atau orang yang sudah memiliki penyakit komplikasi tetapi berupaya tetap hidup.

Baca juga: 5 Fitur AI di HP Lipat Samsung Galaxy Z Flip 6 yang Jadi Favorit

Nah, untuk membantu memantau kesehatan kliennya, Andira kerap menyarankan agar mereka memakai perangkat wearable atau perangkat teknologi sejenis.

"Saya selalu menyarankan pakai bantuan semacam perangkat wearable atau apa pun yang bisa mendeteksi dengan sensor. Ini previlege (keunggulan) untuk pasien," ujar ," kata Andira dalam acara "Samsung Unfold Your Story with Galaxy AI Trip" di Lampung, Rabu (21/8/2024).

Kiri ke kanan: Andy Garcia, Content Creator dan Andira Utami, Doctor & Health Entrepreneur dalam rangkaian acara Galaxy AI Trip di Lampung/Lely Maulida Kiri ke kanan: Andy Garcia, Content Creator dan Andira Utami, Doctor & Health Entrepreneur dalam rangkaian acara Galaxy AI Trip di Lampung

Dia juga menjelaskan bahwa frekuensi pertemuan pasien dengan dokter di rumah sakit atau di fasilitas kesehatan lainnya, cukup jarang.

Sementara perangkat wearable bisa memantau kebugaran pengguna setiap hari, kemudian memberikan rekomendasi sesuai dengan data kebugaran pribadi yang dihimpun perangkat.

"Jadi ini sangat direkomendasikan. Karena monitoring inilah yang penting," lanjut dia.

Andira sendiri memilih menjadi dokter yang fokus pada hal preventif demi mencegah pasien sakit, ketimbang mengobati pasien. Oleh karena itu, dia tidak melanjutkan pendidikannya sebagai spesialis sebagaimana dokter pada umumnya.

Baca juga: Tutorial Setting Pro Video HP Samsung S24 Ultra di Konser Enhypen dan Hasil Fancam

Dia juga menilai bahwa hal preventif khususnya pada aspek kesehatan, sebagai investasi yang sangat baik bagi orang-orang. Oleh karena itu dia sering menyambut positif perangkat teknologi yang bisa membantu pengguna memelihara kebugaran dan mencegah sakit.

Namun perlu dicatat bahwa berbagai perangkat teknologi yang dirancang untuk menunjang kesehatan pengguna, berperan sebagai alat bantu saja. Pengguna tetap memerlukan pemeriksaan dari para profesional medis untuk analisis lebih lanjut.

Energy Score Galaxy Watch 7 jadi panduan

Andira Utami turut memakai perangkat wearable untuk memantau tingkat kebugarannya, yaitu smartwatch Samsung Galaxy Watch 7. Berdasarkan pengalaman penggunaannya, Andira memberikan skor 9,4 (skala 1-10) untuk smartwatch Samsung yang dia pakai.

Salah satu pertimbangan Andira memberikan skor sebesar itu, karena Galaxy Watch 7 dilengkapi fitur Energy Score.

Energy Score adalah fitur berbasis AI yang akan mencerminkan tingkat energi pengguna, dihitung berdasarkan kualitas tidur, detak jantung ketika tidur, dan aktivitas fisik yang dilakukan di hari sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat