cpu-data.info

DxOMark: Samsung Galaxy Z Fold 6 Juara Ponsel Lipat dengan Kamera Terbaik

Samsung Galaxy Z Fold 6 resmi meluncur global, Rabu (11/7/2024). Ada tiga varian warna yang tersedia, yakni Silver Shadow (ujung kiri), Pink (ujung kanan), dan Navy (dua dari kiri).
Lihat Foto

- Samsung Galaxy Z Fold 6 dinobatkan sebagai ponsel lipat dengan kamera terbaik oleh DxOMark untuk periode Agustus 2024. DxOMark adalah situs benchmark pencitraan digital populer yang memublikasi ulasan lengkap kamera smartphone.

Dalam situs resmi DxOMark, Samsung Z Fold 6 berada di peringkat pertama dengan skor 133 poin. Ponsel lipat terbaru Samsung ini berbagi predikat sebagai "ponsel lipat dengan kamera terbaik" dengan Google Pixel.

Dengan skor 133 poin itu pula, kamera Galaxy Z Fold 6 berhasil mengungguli kamera dari ponsel lipat Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Fold 3, Jonor Magic Vs, Honor Magic V2, Oppo Find N2 Flip, Galaxy Z Flip 4, Galaxy Z Flip 5, Vivo X Fold 3 Pro, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 5 Alasan Samsung Galaxy Z Fold 6 Cocok Buat Gaming dan Bikin Konten

Daftar ponsel lipat dengan kamera terbaik versi DxOMark versi 5 Agustus 2024.  Samsung Galaxy Z Fold 6 bersama Google Pixel berada di peringkat pertama dengan skor 133 poin.DxOMark Daftar ponsel lipat dengan kamera terbaik versi DxOMark versi 5 Agustus 2024. Samsung Galaxy Z Fold 6 bersama Google Pixel berada di peringkat pertama dengan skor 133 poin.
Untuk sektor kamera, Galaxy Z Fold 6 dibekali tiga kamera belakang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/2.2), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4, zoom optis 3x, PDAF, OIS).

Untuk kamera depan, Galaxy Z Fold 6 memiliki kamera selfie 10 MP di cover screen dan kamera selfie 4 MP di bawah layar utama.

Sebenarnya, konfigurasi kamera depan dan belakang Galaxy Z Fold 6 sama persis dengan Galaxy Z Fold 5. Hanya saja, menurut Samsung, kamera Samsung Z Fold 6 ditingkatkan dengan teknologi Pro Visual Engine. Jadi, hasil kamera Galaxy Z Fold 6 lebih bagus dari pendahulunya.

Paling bagus ambil foto bokeh

Menjajal fitur Instant Slow-Mo versi upgrade di Galaxy Z Fold 6 sambil jalan-jalan di lokasi syuting serial Netflix Emily in Paris./ Galuh Putri Riyanto Menjajal fitur Instant Slow-Mo versi upgrade di Galaxy Z Fold 6 sambil jalan-jalan di lokasi syuting serial Netflix Emily in Paris.
Dari banyaknya kemampuan kamera yang dibawa, DxOMark menyimpulkan bahwa Samsung Z Fold 6 unggul dalam mengambil gambar bokeh atau foto yang diambil dengan mode portrait bawaan.

Dengan skor 75/85 poin, menurut DxOMark, hasil foto bokeh ponsel ini memiliki estimasi rentang kedalaman (depth) yang akurat dan efek bokeh yang cukup alami.

Baca juga: Tukar Tambah Samsung Galaxy Z Flip 6 dan Z Fold 6 Bisa Pakai 3 HP Lama

Secara umum, kata DxOMark, performa foto Galaxy Z Fold 6 hampir sama dengan pendahulunya Samsung Z Fold 5. Namun, ada peningkatan di beberapa area seperti eksposur yang lebih akurat.

Selanjutnya, fitur preview juga mendapat skor cukup tinggi, yakni 71/91 poin. Bagian ini menilai kualitas gambar pratinjau aplikasi kamera dengan hasilnya.

Kemampuan zoom Samsung Z Fold 6 juga diperhitungkan. Menurut DxOMark, kemampuan telezoom ditingkatkan secara signifikan dari pendahulunya, dengan kualitas keseluruhan yang lebih baik, terutama pada pengaturan jarak jauh.

"Performa kamera tele Galaxy Z Fold 6 termasuk yang terbaik untuk segmen ponsel lipat, tetapi masih lebih rendah daripada perangkat non-lipat terbaik di segmen Ultra Premium," tulis DxOMark.

Samsung Galaxy Z Fold 6 dinobatkan sebagai ponsel lipat dengan kamera terbaik oleh DxOMark per 5 Agustus 2024.DxOMark Samsung Galaxy Z Fold 6 dinobatkan sebagai ponsel lipat dengan kamera terbaik oleh DxOMark per 5 Agustus 2024.
DxOMark mencatat, kekurangan zoom Galaxy Z Fold 6 adalah tingkat noise yang lebih tinggi dan beberapa white balance cast dibanding Galaxy Z Fold 5.

Dalam pengujian DxOMark, Samsung Galaxy Z Fold 6 menghasilkan kualitas video yang bagus di sebagian besar kondisi pengujian. Format HDR memastikan rentang dinamis yang lebar, dengan target pencahayaan yang akurat dan warna yang hidup.

Sistem fokus otomatis bekerja dengan cepat dan akurat dan kamera merekam tingkat detail yang layak di sebagian besar kondisi cahaya. Namun, noise video terlihat saat merekam dalam cahaya redup.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Z Fold 6 yang Bikin “Worth It” buat Dibeli

Stabilisasi video Galaxy Z Fold 6 juga bagus dalam skenario merekam dalam kondisi berdiri dan diam, tetapi bisa secara tiba-tiba sedikit terganggu pada bidikan yang bergerak.

Secara umum, berikut daftar pro dan kontra kamera Samsung Z Fold 6 menurut pengujian DxOMark, sebagiamana dihimpun KompasTekno, Senin (5/8/2024):

Pro

  • Eksposur yang baik dan rentang dinamis yang cukup lebar
  • Detail yang cukup baik dan noise rendah dalam cahaya terang
  • Detail yang layak dalam bidikan jarak jauh
  • Estimasi rentang kedalaman (depth) yang baik dalam bidikan bokeh
  • Eksposur video yang sebagian besar akurat dengan rentang dinamis yang lebar
  • Detail video yang baik dalam sebagian besar kondisi
  • Warna yang bagus dalam video
  • Stabilisasi video yang efektif, terutama saat merekam sambil berdiri diam

Kontra

  • Beberapa noise luminansi dan kroma di dalam ruangan dan dalam cahaya redup
  • Kesalahan autofokus dalam cahaya redup
  • Kadang-kadang terjadi white balance yang tidak rata dan rendering warna yang tidak akurat
  • Noise luminansi dalam bidikan ultra-lebar
  • Subjek yang kurang terekspos dalam bidikan malam dengan flash-off
  • Ketidakstabilan eksposur dan warna dalam video
  • Autofokus dan pemfokusan ulang yang tidak stabil dalam mode video
  • Tingkat noise video yang tinggi, terutama dalam cahaya redup

Review kamera Galaxy Z Fold 6 oleh DxOMark selengkapnya bisa dibaca di sini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat