cpu-data.info

Telegram Rilis Fitur Baru, Ada "Mini App Store" untuk Cari Aplikasi

Ilustrasi Telegram.
Lihat Foto

- Platform perpesanan instan Telegram merilis serangkaian fitur baru yang meningkatkan pengalaman pengguna (user experience). Salah satunya adalah kehadiran daftar aplikasi mini alias Mini App Store.

Daftar aplikasi ini sejatinya mempermudah pencarian aplikasi mini (Mini Apps) yang bisa digunakan di Telegram, misalnya game, alat pembuat konten berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan peralatan lainnya.

Caranya, pengguna mengakses tombol "Search" yang terletak di menu obrolan, tepatnya di bawah deretan Telegram Stories.

Di sini, pengguna akan menemukan menu baru bernama "Apps". Menu ini bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi pengguna, dan kumpulan aplikasi populer lainnya.

Developer kini juga dapat mengunggah video demonstrasi dan tangkapan layar (screenshot) untuk pratinjau aplikasi mini tersebut. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui gambaran aplikasi tersebut sebelum membukanya.

Baca juga: Pengguna iPhone dan HP Android Akhirnya Bisa Chatting tanpa WA, Telegram dkk

Menu Mini Apps di Telegram mempermudah pengguna mencari aplikasi mini, game, dan lain sebagainya.Telegram Menu Mini Apps di Telegram mempermudah pengguna mencari aplikasi mini, game, dan lain sebagainya.
Aplikasi mini yang menggunakan Telegram Stars memiliki kesempatan untuk ditampilkan di menu "Popular Apps" alias aplikasi populer.

Telegram Stars adalah mata uang virtual yang memungkinkan pengguna untuk membeli layanan atau konten dari bot dan aplikasi mini di Telegram.

Mini Apps juga kini dapat membuat konten Telegram Stories yang beragam, mulai dari video berbasis AI, pencapaian (achievement) pengguna, hingga tangkapan layar sebuah papan peringkat (leaderboard) dalam game.

Peramban di Telegram (in-app browser) juga diperbarui. Kini, halaman yang diakses dengan browser tersebut bisa ditutup dan dibuka, lewat menu yang terletak di bawah aplikasi (bottom bar). Jadi, pengguna bisa berpindah dari pesan ke situs, artikel, dan aplikasi mini secara cepat.

Bottom bar di Telegram mempermudah pengguna melakukan navigasi pesan, situs, dan mini apps.Telegram Bottom bar di Telegram mempermudah pengguna melakukan navigasi pesan, situs, dan mini apps.
Ketika mendapatkan notifikasi pesan saat sedang bermain game atau membuka situs, pengguna bisa mengecek pesan tersebut dan kembali mengakses game atau situs di Telegram tanpa kehilangan progres.

Pengguna dapat menyimpan (bookmark) halaman tersebut jika ingin kembali mengaksesnya.

Browser Telegram juga mendukung situs web desentralisasi yang disediakan (hosting) oleh Telegram Open Network (TON). Hal ini memperluas akses ekosistem internet Web3 ke pengguna Telegram.

Hadiah Telegram Stars

Selanjutnya, platform perpesanan instan ini menghadirkan fitur pembelian Telegram Stars sebagai hadiah. Hal ini dilakukan lewat menu "My Stars" > "Gift Stars to Friends" yang ditemukan di menu pengaturan.

Pengguna akan memilih penerima hadiah tersebut. Kontak pengguna yang sedang merayakan ulang tahunnya bakal ditempatkan paling atas, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Telegram, Senin (5/8/2024).

Baca juga: Chatbot Microsoft Copilot Hadir di Telegram, Begini Cara Mencobanya

Pengguna kini bisa memberikan Telegram Stars untuk kontak atau teman.Telegram Pengguna kini bisa memberikan Telegram Stars untuk kontak atau teman.
Paket pembelian Telegram Stars sebagai hadiah cukup beragam, mulai dari 100 Stars yang dibanderol Rp 35.999 hingga 10.000 Stars yang dijual seharga Rp 3,5 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat