cpu-data.info

Penyebab dan Cara Mengatasi Gmail dalam Antrean

Cara logout Gmail.
Lihat Foto

- Gmail menjadi salah satu platform e-mail yang biasa digunakan pengguna untuk berbagai kebutuhan. Misalnya saja berkirim pesan pribadi maupun bisnis. Meskipun jarang mengalami error, tak jarang pengguna mengalami masalah tertentu. Salah satunya Gmail dalam antrean.

Ketika email di Gmail berada dalam status antrean, ini berarti bahwa pesan tersebut belum terkirim karena suatu alasan. E-mail tidak dapat dikirim segera dan tertahan dalam kotak keluar, sementara Gmail akan mencoba mengirimkan email tersebut secara berkala sampai berhasil terkirim.

Gmail akan terus mencoba mengirimkan e-mail tersebut beberapa kali dalam jangka waktu tertentu hingga pesan berhasil terkirim atau sampai pengguna mengambil tindakan.

Pengguna mungkin menerima notifikasi atau pesan kesalahan yang memberi tahu bahwa e-mail tertunda dan alasan potensial mengapa email tidak dapat dikirim. Lantas mengapa hal ini terjadi? Selengkapnya berikut ini penyebab dan cara mengatasi Gmail dalam antrean.

Baca juga: 7 Trik Mengatasi Penyimpanan Gmail yang Penuh

Penyebab Gmail dalam antrean

Berikut ini beberapa faktor penyebab mengapa Gmail dalam antrean.

Masalah konektivitas

Penyebab utama Gmail yang terjebak dalam antrian biasanya adalah masalah koneksi jaringan yang lemah atau terputus.

Jika Anda mencoba mengirim e-mail tapi mengalami masalah dengan koneksi, baik itu melalui WiFi atau jaringan seluler, e-mail Anda bisa jadi akan masuk dalam antrian alih-alih terkirim. Gmail memerlukan koneksi yang stabil ke server untuk bisa mengirim email.

Ruang penyimpanan hampir habis

Penyimpanan ponsel yang berkurang menyebabkan masalah saat mengirim e-mail. Periksa ruang penyimpanan ponsel Anda. Berikut caranya: 

  • Buka aplikasi “Pengaturan” di ponsel Anda.
  • Pilih “Tentang ponsel” atau “Tentang perangkat.”
  • Tap pada opsi “Penyimpanan.”
  • Di sini Anda akan melihat total penyimpanan, penyimpanan yang digunakan, dan sisa penyimpanan yang tersedia. Anda juga bisa melihat rincian penggunaan penyimpanan berdasarkan jenis file (gambar, video, aplikasi, dll.).

Ukuran file terlalu besar

Ukuran file yang terlalu besar dapat menyebabkan e-mail di Gmail tertahan dalam antrean. Gmail memiliki batas ukuran lampiran sebesar 25MB. Jika lampiran melebihi batas ini, Gmail akan mencoba mengonversi file tersebut menjadi tautan Google Drive.

Namun, proses ini bisa mengalami kendala, terutama saat menggunakan perangkat seluler, karena membutuhkan waktu untuk mengunggah, memproses, dan mengonversi file besar. Jika proses ini terganggu, e-mail bisa tertahan di kotak keluar dan masuk dalam status antrian.

Batasan Gmail

Google memiliki batasan harian untuk jumlah e-mail yang dapat dikirim melalui akun Gmail dalam periode 24 jam. Jika Anda telah mengirim banyak -email dalam satu hari, terutama lebih banyak dari biasanya, Anda mungkin telah melampaui batas tersebut.

Baca juga: Muncul Notifikasi Penyimpanan Gmail Hampir Penuh? Begini Cara Bersih-bersihnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat