cpu-data.info

Epson Umumkan Teknologi Printing Ramah Lingkungan

Ilustrasi printer Epson untuk printing digital di kain
Lihat Foto

- Epson, perusahaan elektronik asal Jepang yang dikenal dengan aneka mesin percetakannya, memperkenalkan teknologi printing ramah lingkungan di Indonesia.

Teknologi yang disebut "Direct To Fabric Textile Printer Monna Lisa" itu diperkenalkan dalam ajang pertemuan desainer dan pecinta fesyen, Labdanation Fashion Week 2024 di Bali, yang dibuka sejak 27 Juli lalu.

Disebut ramah lingkungan karena teknologi tersebut mampu mengurangi dampak terhadap lingkungan. Lebih spesifik, teknologi Direct To Fabric Textile Printer Monna Lisa memungkinkan pencetakan berkualitas tinggi pada berbagai jenis kain, tanpa menghasilkan limbah berbahaya.

Baca juga: Epson Setop Jualan Printer Laser pada 2026

Teknologi ini sudah diboyong Epson ke Indonesia dan diterapkan pada mesin cetak milik salah satu perusahaan digital printing tekstil di Bali.

Epson mengeklaim teknologi ini menunjang para desainer, pemilik merek fesyen hingga para produsen untuk menciptakan karya yang kaya akan detail.

"Teknologi ini juga memberikan fleksibilitas dan kecepatan produksi yang dibutuhkan dalam dunia fesyen yang dinamis serta bergerak cepat," kata Lina Mariani, Senior Manager Vertical Business Epson Indonesia dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Jumat (2/8/2024).

Lina juga sesumbar bahwa printer Epson, khususnya untuk industri tekstil, memakai tinta ramah lingkungan yang sudah mengantongi sertifikat internasional, serta proses produksi yang lebih efisien. Upaya ini dilakukan Epson demi mendukung industri fesyen yang berkelanjutan.

"Kami percaya bahwa dengan solusi inovatif yang dimiliki oleh Epson, industri fesyen dan tekstil dapat mengurangi jejak karbon dan berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau, lebih berkelanjutan atau sustainble," ujar Lina.

Baca juga: Epson Perkenalkan Smart Panel, Aplikasi untuk Print dan Scan dari Smartphone

Adapun Labdanation Fashion Week 2024 menjadi wadah bagi para desainer dan pecinta fesyen untuk saling berjumpa. Dalam ajang ini, sejumlah desainer lokal maupun internasional memamerkan karya besutannya.

Epson sendiri menjadi salah satu sponsor utama Labdanation Fashion Week 2024 dan memanfaatkan acara itu untuk memperkenalkan teknologi printing ramah lingkungan di atas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat