cpu-data.info

Pengguna Spotify Gratisan Bisa Buka Lirik Lagi Sepuasnya

Ilustrasi layanan streaming musik dan podcast Spotify.
Lihat Foto

- Bulan Mei lalu, Spotify membatasi fitur "Lirik" untuk pengguna gratisan. Pengguna Spotify gratisan hanya bisa melihat lirik maksimal tiga lagu saja dalam sebulan.

Apabila ingin lebih, mereka harus "upgrade" menjadi pengguna premium, yang artinya membayar biaya langganan terlebih dahulu.

Kini, Spotify menghapus batasan itu. Fitur Lirik bisa dinikmati secara tak terbatas lagi oleh pengguna premium maupun gratisan.

Perusahaan streaming musik itu tak merinci alasan di balik batalnya batasan itu. Yang jelas, batasan fitur lirik akan dihapuskan secara bertahap dalam beberapa pekan mendatang.

Baca juga: Buka Lirik Lagu di Spotify Mulai Berbayar

"Di Spotify kami selalu menguji dan mengulang pengujian. Artinya, ketersediaan fitur kami bisa bervariasi di berbagai tingkat (jenis pelanggan, berbayar/tidak), pasar, serta jenis perangkat," kata juru bicata Spotify dikutip KompasTekno dari Engadget, Kamis (1/7/2024).

"Selama beberapa pekan mendatang, kami akan memperluas ketersediaan Lirik untuk pengguna Spotify gratis, sehingga lebih banyak orang bisa menikmatinya secara global," lanjut dia.

Belum bisa dipastikan apakah perubahan batasan ini akan berdampak pada jumlah pengguna aktif Spotify atau tidak.

Laporan perusahaan yang diungkap ke publik sebelumnya menyatakan bahwa pada kuartal II-2024, jumlah pengguna aktif bulanan Spotify sebanyak 626 juta pengguna. Jumlah itu termasuk 246 juta pelanggan premium, dilansir KompasTekno dari TechCrunch.

Fitur lirik disembunyikan Spotify

Pembatasan Lirik di Spotify mulai deketahui pengguna sekitar bulan Mei lalu. Sejumlah pengguna Spotify gratisan melaporkan bahwa akses mereka pada fitur lirik di Spotify mulai dibatasi.

Raibnya fitur lirik bagi pengguna Spotify gratisan awalnya disadari oleh sejumlah pengguna forum online, Reddit.

Menurut temuan mereka, fitur lirik disembunyikan oleh Spotify, khususnya untuk pengguna Spotify gratis di Android. Untuk memunculkan lirik di tampilan pemutar musik Spotify, pengguna harus berlangganan alias menjadi pelanggan Spotify Premium.

Selain itu, laporan juga muncul di media sosial X Twitter. Pengguna Spotify gratis mengatakan bahwa muncul pop-up bertuliskan "nikmati lirik di Spotify Premium" saat mereka ini membuka fitur lirik.

Baca juga: Cara Batalkan Langganan Spotify Premium Cepat dan Praktis

Pengguna lain juga mengatakan bahwa akses mereka terhadap fitur lirik di Spotify dibatasi. Mereka mengeluhkan hal tersebut sambil membagikan tangkapan layar pemberitahuan lirik Spotify yang telah mencapai batas akses bulanan.

Sebuah notifikasi menunjukkan bahwa fitur lirik di Spotify tidak lagi gratis. Dexerto Sebuah notifikasi menunjukkan bahwa fitur lirik di Spotify tidak lagi gratis.

Ini artinya, Spotify mulai membebankan biaya langganan bagi pengguna yang ingin membaca lirik lagu yang didengar.

Spotify sendiri saat itu belum resmi mengumumkan hilangnya fitur lirik dari pengguna. Namun pada 2023 lalu, Spotify mulai menguji coba menghilangkan fitur lirik dari pengguna gratisan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat