cpu-data.info

Riset Counterpoint: Pasar Smartphone Global Tumbuh, Xiaomi Paling Pesat

Ilustrasi smartphone yang cukup diminati di ITC Roxy Mas
Lihat Foto

- Pasar smartphone di dunia menunjukkan tren positif. Pada kuartal II-2024 (Q2 2024) ini volume penjualan smartphone global tumbuh sekitar 6 persen dari tahun ke tahun (Year-on-Year/YoY), sebagaimana laporan firma riset pasar Counterpoint Research.

Dalam riset ini, Counterpoint menampilkan data berdasarkan jumlah sell-through. Jika sell-in adalah jumlah pengiriman dari produsen ke distributor, kemudian sell-out adalah jumlah penjualan dari distributor kepada konsumen, sell-through ini adalah jumlah yang mencakup proses keseluruhan. Artinya mirip dengan jumlah terjual dalam data sell-out.

Counterpoint menyebutkan bahwa pertumbuhan pada April-Juni ini menandai pertumbuhan tiga kuartal berturut-turut. Faktor pendorongnya yaitu sentimen konsumen yang dinilai membaik serta faktor makro ekonomi.

Pasar Eropa dan Amerika Latin menjadi pasar dengan pertumbuhan paling pesat pada periode ini. Masing-masing meraih pertumbuhan dua digit berkat daya beli yang meningkat dibanding tahun lalu. Namun Counterpoint tidak merinci masing-masing persentasenya.

Pasar negara berkembang terutama di Amerika Latin dan Asia juga dinilai menunjukkan kinerja yang baik oleh Counterpoint, dibanding negara maju. Begitu pula dengan di China yang menunjukkan kinerja positif, didorong oleh kebangkitan merek Huawei serta festival belanja lokal.

Baca juga: Riset Canalys: Pasar Ponsel Global Tumbuh Tiga Kuartal Berturut-turut

Menurut Tarun Pathak, Direktur Riset Counterpoint, pertumbuhan penjualan smartphone yang positif selama tiga kuartal berturut-turut menjadi kabar baik bagi industri.

Pathak juga mengapresiasi vendor smartphone yang cepat tanggap memenuhi kebutuhan konsumen dengan produk baru yang menarik, termasuk ponsel dengan kamera resolusi besar hingga ponsel 5G yang terjangkau. Beberapa fitur itu juga ditaksir bakal meningkatkan permintaan smartphone di periode berikutnya.

"Kami melihat peningkatan proliferasi sejumlah fitur seperti desain (Color-Material-Finish/CMF), kamera megapiksel tinggi, dan 5G yang murah yang menurut kami akan meningkatkan permintaan selanjutnya," kata Pathak.

Pathak juga menyatakan pihaknya optimistis akan kinerja pasar smartphone di kuartal mendatang. Counterpoint memproyeksikan pertumbuhan pasar smartphone selanjutnya sekitar 4 persen, dihimpun KompasTekno dari situs resmi Counterpoint, Senin (22/7/2024).

Pendapatan vendor smartphone di waktu mendatang juga ditaksir meningkat seiring dengan populernya smartphone premium macam ponsel lipat serta ponsel yang didukung fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

5 vendor smartphone terbesar di dunia

Dalam laporannya, Counterpoint juga merangkum lima vendor smartphone terbesar di dunia pada kuartal II-2024. Daftarnya sebenarnya masih sama seperti kuartal sebelumnya, di mana Samsung menempati posisi teratas.

Menurut firma riset itu, Samsung sukses mempertahankan kinerjanya pada kuartal ini didorong oleh penjualan yang kuat dari Galaxy S24 series. Selain itu, sejumlah model baru dari Galaxy A-series juga dinilai turut berkontribusi pada kinerja Samsung pada periode terkait.

Apple membuntuti Samsung di peringkat kedua, didorong penjualan yang kuat di Eropa dan Amerika Latin. Penjualan di wilayah itu menutupi lesunya penjualan iPhone di Amerika Serikat dan China yang tersaingi Huawei.

Kendati demikian, penjualan iPhone baru yang biasanya rilis September, ditaksir bakal mendorong permintaan.

Lalu Xiaomi berada di peringkat ketiga. Meski di peringkat ketiga, Xiaomi menjadi vendor yang pertumbuhannya paling pesat dibanding merek lainnya. Persentase pertumbuhannya sampai 22 persen, didorong Redmi 13 dan Note 13 series yang populer serta model lainnya.

Sementara Vivo berada di belakang Xiaomi di peringkat keempat. Meski menempati peringkat yang cukup bontot, Counterpoint menyebutkan bahwa Vivo memimpin dua pasar smartphone terbesar dunia, yakni China dan India. Pertumbuhan Vivo sendiri pada kuartal II-2024 mencapai 9 persen.

Di peringkat terakhir dalam daftar 5 merek smartphone terbesar dunia ditempati Oppo . Pertumbuhan Oppo bahkan anjlok 16 persen dibanding kuartal II-2023.

Baca juga: 5 Besar Vendor Smartphone Global Kuartal II-2024, Samsung Teratas

Menurut penjelasan Counterpoint, Oppo sedang fokus untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan merilis lebih banyak smartphone kelas menengah ke high-end.

Upaya ini memang menjadi tantangan tersendiri dan berdampak pada pangsa pasar perusahaan dalam jangka pendek. Namun, praktik itu dinilai firma riset ini akan menghasilkan profit yang lebih baik.

Berikut daftar lima vendor smartphone terbesar dunia kuartal II-2024.

  1. Samsung - 20 persen
  2. Apple - 16 persen
  3. Xiaomi - 14 persen
  4. Vivo - 8 persen
  5. Oppo - 8 persen
Brand Q2 2021 Q2 2022 Q2 2023 Q2 2024
Samsung 19 persen 22 persen 21 persen 20 persen
Apple 15 persen 16 persen 17 persen 16 persen
Xiaomi 15 persen 13 persen 12 persen 14 persen
Vivo 10 persen 9 persen 8 persen 8 persen
Oppo 12 persen 10 persen 10 persen 8 persen
Lainnya 29 persen 30 persen 31 persen 33 persen

Adapun secara umum pangsa pasar gabungan kelima merek di atas terhitung turun dibanding kuartal II-2023. Menurut Counterpoint, hal ini terjadi karena meningkatnya persaingan antar merek, termasuk dari Huawei, Honor, Motorola hingga Transsion Group (Infinix, Tecno, Itel).

Huawei mendapat sambutan hangat di negeri asalnya, China. Sementara Honor dan Tecno memilih ekspansi ke lebih banyak wilayah, sehingga meningkatkan pesaingan di pasar smartphone global.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat