cpu-data.info

Instagram Reels Kini Bisa Pakai Backsound hingga 20 Lagu

Ilustrasi Instagram
Lihat Foto

- Media sosial besutan Meta, Instagram menghadirkan fitur edit video baru yang lebih interaktif. Fitur baru tersebut memungkinkan pengguna menambah music backsound hingga 20 buah lagu.

Kehadiran fitur baru ini diumumkan langsung oleh akun Instagram Creators (@creators), Rabu (17/7/2024). Instagram mengatakan, ketika pengguna menambah beberapa lagu yang berbeda di satu video, hasil gabungan video itu akan diberi label kepemilikan.

Misalnya, pengguna A mengedit video menggunakan 20 musik latar. Sistem Instagram bakal menambah label kepemilikan tadi saat video tersebut diunggah.

Penambahan label kepemilikan nantinya bisa dibagikan ke pengguna lain yang ingin memakai remix lagu yang sama, atau digunakan berulang oleh pemilik konten.

Baca juga: 5 Tips agar IG Reels Dilihat Banyak Orang, Langsung dari Induk Instagram

“Saat anda menambah sejumlah lagu di video, Anda juga sedang menciptakan audio mix yang unik bikinan sendiri. Jadi, selain mengekspresikan diri lewat musik, para penggemar Anad pun bisa menyimpan dan menggunakan kembali campuran audio Anda,” tulis Instagram.

Sebelumnya, pengguna hanya diperbolehkan menggunakan satu musik saja di videonya. Ataupun,  jika ingin menggunakan lagu yang berbeda, opsi lagu yang dipilih merupakan lagu remix atau medley dari beberapa lagu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Instagram’s @Creators (@creators)

Fitur baru Instagram ini juga memungkinkan pengguna menyinkronisasi setiap audio yang digunakan ke elemen yang lain, seperti teks, stiker, bahkan klip yang sebelumnya sudah dirilis menjadi Reels. 

Fleksibilitas edit musik yang kini dihadirkan Instagram memungkinkan pengguna untuk berkreativitas sebebas mungkin. 

Mengingat elemen musik atau sound effect memiliki peran yang penting, beragamnya musik/sound effect yang ditambahkan dapat membangun efek lucu, tegang, dramatis dari setiap adegan atau scene yang ditampilkan.

BIsa langsung edit Reels di Instagram

Kreator kini juga bisa langsung mengedit video, tanpa perlu bantuan aplikasi edit pihak ketiga. Cara akses fiturnya juga mudah, dengan mengeklik tombol “Add to mix” ketika menambah musik di Reels.

Ketika diklik, pengguna akan dibawa ke halaman sequence untuk mengedit, menyinkronisasi antara video, teks, dan musik yang digunakan.

Baca juga: Cara Buat NGL Link di Instagram dan WhatsApp

Pengguna juga bisa memilih bagian musik (trim) yang ingin digunakan dan tidak, lalu menggeser musik ke bagian video tertentu.

Saat konten video sudah di-upload, pengguna lain bisa langsung melihat trek musik yang sudah di-mixing pemilik konten. Di saat yang bersamaan, akan muncul juga tombol baru, yakni “use audio music”. 

Dengan tombol tersebut, pengguna lain nantinya bisa menggunakan musik yang sama dengan pemilik kreator. Namun, fitur ini hanya terbatas untuk akun-akun yang terdaftar sebagai kreator di Instagram saja.

Baca juga: Cara Edit Video TikTok, Instagram Reels, dan YouTube via Canva

Pantauan KompasTekno di akun Instagram @teknokompas, Rabu (17/7/2024), fitur ini masih belum tersedia di Indonesia. Kemungkinan jadwal rilis fitur dilakukan secara bertahap. 

Sebagaimana dihimpun dari The Verge, fitur ini membawa penyegaran untuk pengguna Instagram karena kompetitornya, TikTok, masih belum memperbolehkan penggunanya memakai beberapa lagu sekaligus di satu video dan harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat