cpu-data.info

Gagal Backup Chat WhatsApp di iPhone? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi WhatsApp
Lihat Foto

- Fitur backup chat di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk memastikan bahwa riwayat percakapan aman jika ponsel hilang, rusak atau berganti perangkat. Namun bagi sebagian pengguna, khususnya pengguna iPhone, tak jarang gagal melakukan pencadangan chat.

Gagal backup chat WhatsApp di iPhone tentu membuat sebagian pengguna khawatir tidak dapat mengakses riwayat obrolan lama di perangkat terdahulu. Misalnya saja ketika pengguna sebelumnya menggunakan perangkat iPhone dengan versi berbeda sebelumnya.

Adapun gagal mencadangkan chat bisa jadi dikarenakan berbagai faktor. Mulai dari penyimpanan yang kurang, hingga pengaturan jaringan. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Chat Pakai QR Code, Lebih Gampang

Cek penyimpanan iCloud Anda

Pastikan Anda memiliki cukup ruang kosong di iCloud. Sebelum mencoba memperbaiki masalah backup WhatsApp yang macet, periksa dulu apakah iCloud Anda memiliki ruang yang cukup.

Jika penyimpanan iCloud hampir penuh, proses backup tidak akan bisa selesai. Untuk mengecek ruang kosong, buka Pengaturan di perangkat Anda, masuk ke iCloud, dan lihat sisa penyimpanan iCloud Anda.

Setel ulang pengaturan jaringan

Setel ulang pengaturan jaringan. Terkadang, pengaturan jaringan pada iPhone bisa berubah tanpa sengaja, dan ini bisa menyebabkan backup WhatsApp gagal. Cara termudah untuk memperbaikinya adalah dengan mengatur ulang pengaturan jaringan. Berikut ini caranya:

  • Buka “Pengaturan/Settings”
  • Klik “General/Umum”
  • Pilih “Reset”
  • Klik “Reset Network Settings”

Cek apakah server iCloud down

Meskipun tidak sering terjadi, terkadang server iCloud bisa mengalami gangguan. Ini bisa jadi terjadi saat Apple sedang melakukan pemeliharaan atau perbaikan.

Untuk memeriksanya, kunjungi halaman Status Apple secara online. Di sana Anda bisa melihat apakah server iCloud sedang aktif atau sedang mengalami masalah. Jika sedang bermasalah, Anda bisa menunggu sebelum membuat cadangan data WhatsApp.

Restart iPhone

Salah satu penyebab lain backup chat WhatsApp gagal bisa jadi terdapat bug pada aplikasi. Cobalah untuk melakukan restart ponsel Anda. Saat Anda melakukan restart paksa (soft reset), perangkat akan mengatur ulang siklus daya yang telah ditetapkan sebelumnya dan menghapus data cache yang tidak diperlukan.

Update aplikasi WhatsApp

Cek apakah aplikasi WhatsApp masih berada di versi lama atau sudah terbaru. Apabila jika Anda mengecek aplikasi WA terdapat “Update” di toko aplikasi App Store, maka segeralah memperbaruinya. Kegagalan backup chat WA bisa jadi dikarenakan aplikasi masih berada di versi lama dan terjadi bud internal aplikasi.

Demikian beberapa cara mengatasi backup chat WhatsApp gagal. Semoga membantu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Centang Biru WhatsApp Bisnis dan Harganya

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat