cpu-data.info

Peluncuran "Football Manager 25" Ditunda, Pertama Kali dalam 20 Tahun

Football Manager 25
Lihat Foto

- Perusahaan pengembang (developer) game Sports Interactive dan penerbit (publisher) Sega, menunda tanggal perilisan game Football Manager 2025 (Football Manager 25/FM25).

Football Manager 25 dipastikan bakal dirilis pada Maret 2025 mendatang. Artinya, perilisan game simulasi manajemen klub sepak bola ini diundur lima bulan dari tanggal peluncuran sebelumnya, yaitu 26 November 2024.

Ini menjadi pertama kalinya dalam 20 tahun, tanggal peluncuran game Football Manager diundur. Sejak tahun 2005, game Football Manager selalu dirilis tepat waktu, yakni pada bulan Oktober atau November setiap tahunnya.

Adapun penundaan tanggal peluncuran game PC, PlayStation, Xbox, Nintendo Switch, dan mobile ini diumumkan lewat situs resmi Football Manager.

"Setelah dipertimbangkan dengan saksama, Sports Interactive telah membuat keputusan sulit untuk menunda peluncuran Football Manager 2025," bunyi pernyataan di situs Football Manager.

"Setelah berdiskusi dengan Sega, pemberi lisensi, dan mitra kami, kami telah sepakat bahwa tindakan terbaik adalah menunda peluncuran hingga Maret 2025. Tanggal peluncuran platform tertentu akan menyusul setelah dikonfirmasi," sambung pihak Football Manager.

Baca juga: Game Football Manager 2024 Bisa Di-download Gratis Hari ini, Begini Caranya

Blog Football Manager mengonfirmasi penundaan tanggal perilisan game Football Manager 2025.Football Manager Blog Football Manager mengonfirmasi penundaan tanggal perilisan game Football Manager 2025.
Indikasi penundaan peluncuran ini sebenarnya sudah muncul sejak September 2024.

Saat itu, Sports Interactive menunda pengumuman tanggal rilis Football Manager 2025 ke akhir September, kemudian tanggal rilis game ini diundur dari awal November menjadi akhir November. Namun, waktu tambahan itu disebut tidak cukup.

"Waktu tambahan ini tidak cukup untuk memastikan kualitas dan pengalaman bermain, yang memenuhi ekspektasi Anda dan standar kami sendiri yang sangat tinggi," ungkap pernyataan tersebut.

Sports Interactive pun menjelaskan bahwa siklus pengembangan Football Manager 2025 sulit dan lebih lambat dari yang diperkirakan, padahal semua karyawan dalam studio tersebut sudah bekerja dengan cepat.

Mereka juga enggan merilis Football Manager 2025 pada November, karena game tersebut diklaim bakal membawa peningkatan teknis dan visual yang paling besar dalam sejarah Football Manager.

Untuk diketahui, Football Manager 2025 kini digarap menggunakan mesin pengembang (game engine) Unity, berbeda dari Football Manager 2024 yang dikembangkan dengan Match Engine.

Penggantian mesin pengembang ini disebut bakal memberikan kualitas visual yang ditingkatkan sehingga game terlihat lebih realistis, animasi volumetrik pemain yang realistis, serta antarmuka (UI) baru yang lebih cerdas dan mampu memberikan informasi penting.

Baca juga: Indonesia Juara Piala Dunia Football Manager 2024

Diwartakan sebelumnya, Football Manager 2025 sudah bisa dibeli (pre-order) dengan harga paling murah Rp 584.999. Pemain yang sudah telanjur membeli bisa menghubungi peritel untuk proses pengembalian uang (refund).

Sports Interactive memastikan bahwa gamer yang sudah membeli FM25 berhak mendapatkan akses awal (Advanced Access) di platform PC dan Mac. Artinya, pemain nantinya bisa menjajal game tersebut sebelum dirilis pada Maret 2025.

Mekanisme permainan (gameplay) Football Manager 2025 akan diumbar pada akhir Januari 2025.

Sports Interactive pun menutup blog tersebut dengan meminta maaf kepada pemain yang kecewa, dan berterima kasih atas kesabaran gamer.

"Kami sangat menyadari bahwa (penundaan tanggal rilis) ini akan sangat mengecewakan Anda. Kami turut merasakan kekecewaan itu dan sangat menyesal," tulisnya.

"Terima kasih telah membaca (blog ini) dan atas kesabaran Anda. Ini sangat berarti bagi kami karena kami terus berupaya menciptakan era baru untuk Football Manager," pungkas pihak FM sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs resmi Football Manager, Selasa (15/10/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat