cpu-data.info

Samsung Rilis OneUI untuk Smart TV, Tampilan Jadi Mirip Smartphone Galaxy

Samsung TV Neo QLED 8K
Lihat Foto

- Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung resmi memboyong antarmuka (user interface/UI) OneUI ke televisi pintar (Smart TV) bikinannya.

Sebelumnya, antarmuka OneUI digunakan pada deretan smartphone dan tablet Samsung Galaxy.

Kemudian, dalam konferensi Samsung Developer Conference (SDC) yang digelar pada 3 Oktober 2024, perusahaan itu menyatakan rencananya untuk memperbarui software smart TV dan perangkat rumah pintar (home appliances) bikinannya ke OneUI.

Pembaruan (update) ini direncanakan bakal digelontorkan pada 2025, tetapi kini smart TV Samsung keluaran 2023, seperti S90C OLED TV, sudah mendapatkan antarmuka OneUI.

Baca juga: TV Samsung OLED S95D dan S90D Resmi di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Tampilan antarmuka ini berbasis sistem operasi (OS) Tizen 8.0, meningkat dari Tizen 7.0 yang sebelumnya digunakan deretan smart TV Samsung.

Antarmuka OneUI di televisi pintar Samsung ini membuat beberapa tampilannya mirip seperti smartphone dan tablet Galaxy Series.

Misalnya, ikon aplikasi Bixby, Gallery, Samsung Internet, dan SmartThings yang sama seperti di ponsel atau tablet Samsung Galaxy. Sejumlah animasinya pun juga mirip dengan OneUI di smartphone.

Selain itu, OneUI juga menghadirkan menu For You di layar utama (homescreen) televisi. Menu ini menghadirkan rekomendasi konten yang dipersonalisasi sesuai dengan minat pengguna.

Televisi pintar Samsung turut dibekali menu Watch Later di layar detail konten. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan konten atau video yang ingin ditonton dalam waktu yang akan datang.

Kehadiran menu For You dan Watch Later membuat smart TV ini mirip seperti Google TV.

Smart TV Samsung mempunyai antarmuka Game Bar yang diperbarui untuk kebutuhan gaming, dukungan wallpaper dan widget untuk layar siaga (standby screen), serta menu Settings yang lebih modern dan mudah diakses.

Pengguna Samsung Galaxy Watch bisa memantau data latihan workout mereka secara real-time di smart TV Samsung.

Televisi pintar Samsung juga mendukung fitur Multi Control.

Fitur ini memungkinkan beberapa perangkat Samsung dikontrol menggunakan keyboard dan mouse yang sama. Syaratnya, pengguna mesti masuk (login) akun Samsung di setiap perangkat tersebut.

Baca juga: 3 Fitur AI di Samsung TV Neo QLED 8K, Bisa Kenal Kebiasaan Pengguna

Pembaruan lainnya mencakup peningkatan pembaruan mesin (engine) web dari versi 94 ke versi 108, tab Live dan Apps untuk mengakses konten secara cepat, dan layanan gaya hidup bernama Samsung Daily Plus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat