cpu-data.info

Adobe Photoshop Punya Fitur AI Baru, Bisa Deteksi dan Hapus Obyek Mengganggu secara Otomatis

Fitur Distraction Removal di Photoshop.
Lihat Foto

- Adobe mengumumkan sejumlah fitur kecerdasan buatan (AI) baru di deretan aplikasi bikinan mereka. Beragam fitur ini diumumkan dalam ajang Adobe Max 2024 Creativity Conference yang digelar di Florida, Amerika Serikat (AS) pekan ini. 

Aplikasi sunting (edit) foto populer Adobe, yaitu Photoshop kebagian beberapa fitur AI baru, salah satunya adalah Distraction Removal.

Seperti namanya, fitur yang termasuk ke dalam fungsi Remove Tool ini memungkinkan pengguna menghapus obyek mengganggu dengan mudah dengan satu kali klik.

Pada prosesnya, Distraction Removal, dengan bantuan AI, akan mendeteksi dan memahami obyek-obyek apa saja yang dianggap mengganggu, misalnya kabel, tiang, orang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Adobe Rilis Tools Lindungi Foto dan Video dari AI

Fungsi ini bisa dijalankan pengguna dengan mengeklik tombol "Find distractions", seperti bisa dilihat pada gambar di bawah.

Ilustrasi pemakaian fitur Distraction Removal di Adobe Photoshop.Adobe Ilustrasi pemakaian fitur Distraction Removal di Adobe Photoshop.

Kemudian, pengguna bisa mengeklik tombol nama atau kategori obyek tersebut untuk menghapusnya dengan mudah, seperti penghapusan obyek kabel listrik "Wires and cables" seperti gambar di atas.

Nah, fitur Distraction Removal ini berbeda dengan fitur AI serupa, yaitu Remove Tool yang sudah ada di dalam aplikasi Photoshop lebih dulu.

Dengan fitur ini, pengguna harus menghapus obyek dengan cara menandainya secara manual, dan AI tidak mendeteksi dan bisa menghapusnya secara otomatis. 

Selain Distraction Removal, pengguna Photoshop di seluruh dunia juga kini kebagian beberapa fitur Generative AI yang sudah diumumkan dan diuji coba dalam versi beta selama beberapa bulan terakhir. 

Baca juga: Adobe Photoshop Punya Fitur Edit Foto Pakai AI, Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Dua di antaranya seperti fitur untuk menambah obyek baru ke dalam foto (Generative Fill), serta fitur untuk memperbesar gambar sesuai dengan obyek dan lingkungan (Generative Expand).

Fitur Generative AI di Photoshop.Adobe Fitur Generative AI di Photoshop.

Ada pula fitur untuk membuat variasi gambar baru dari gambar yang ada (Generative Similar), dan fitur yang bisa mengubah latar belakang foto dengan berbagai desain unik (Generate Background).

Di samping sudah tersedia secara umum, fitur-fitur Generative AI ini juga sudah diperbarui dengan AI teranyar Firefly Image 3 Model untuk memberikan output yang lebih bervariasi, komplek, serta akurat alias sesuai dengan permintaan pengguna.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Selasa (15/10/2024), fitur Distraction Removal, serta fitur-fitur Generative di atas, sudah bisa dipakai pengguna di aplikasi Photoshop versi desktop dan web mulai pekan ini.

Informasi selengkapnya mengenai fitur-fitur AI yang diumumkan di ajang Adove Max 2024 Creativity Conference bisa dibaca di tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat