cpu-data.info

Gambar AI Aurora Borealis yang Diunggah Meta Bikin Geram Warganet

Pengertian aurora borealis.
Lihat Foto

- Beberapa negara bagian di Amerika Serikat bagian utara, berkesempatan melihat fenomena alam Aurora Borealis atau Northern Lights (Cahaya Utara), sejak 10 Oktober 2024.

Fenomena langka ini muncul sebagai akibat potensi badai geomagnetik. Aurora Borealis merupakan cahaya kutub yang menghasikan pendaran cahaya nan cantik, seolah berdansa di atas langit.

Karena langka sekaligus menakjubkan, warga yang "beruntung" berusaha mengabadikan momen tersebut. Sebab, biasanya, fenomena ini terjadi dalam waktu singkat.

Warga yang berhasil menangkap gambar Aurora Borealis lantas memamerkan hasilnya ke media sosial.

Baca juga: Chatbot Meta AI Punya Fitur Imagine Me, Bisa Animasikan Foto Jadi Apapun

Nah, Meta, induk perusahaan Facebook, Instagram, dan WhatsApp, ingin mencoba "nimbrung" tren Northern Lights ini di media sosial.

Akan tetapi, alih-alih mengunggah foto hasil bidikan kamera asli, akun resmi Meta justru mengunggah gambar Aurora Borealis hasil olahan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI).

Tepatnya, menggunakan MetaAI, chatbot buatan mereka yang dibekali fitur AI generatif untuk menghasilkan gambar dari prompt teks.

Gambar hasil olahan AI itu kemudian diunggah ke platform microblogging besutan Meta, Threads.

"POV: kamu ketinggalan menyaksikan cahaya utara di kehidupan nyata, jadi, kamu buat sendiri ala kamu menggunakan MetaAI," tulis Meta dalam postingnya.

Tangkapan layar posting Meta di Threads yang menampilkan gambar Aurora Borealis hasil olahan AI.Threads/@Meta Tangkapan layar posting Meta di Threads yang menampilkan gambar Aurora Borealis hasil olahan AI.

Total ada tiga gambar yang diunggah. Ketinganya menampilkan pendaran Aurora Borealis bewarna ungu dan hijau dengan latar belakang yang berbeda-beda, yakni di atas landmark ikonik Golen Gate Bridge di San Francisco, California, di atas gedung pencakar langit kota, dan di atas wahana kincir ria.

Rupanya, postingan itu mendapat respons kurang menyenangkan dari warganet. Salah satu komentar dilontarkan akun dengan handle @dimitrymakphoto.

Dengan menyebut (mention) Head of Instagram, Adam Mosseri (@mosseri), ia menyoroti soal penggunaan AI dalam menghasilkan foto.

"@mosseri, ini yang orang maksud ketika mereka bilang, Anda harus lebih hadir di sini. Coba luangkan waktu lima menit untuk membaca jawaban (replies) dan memahami bagaimana perasaan komunitas tentang hal ini," tulisnya.

"Saya paham, bos Anda (Mark Zuckerberg) totalitas soal AI. Tapi, Anda bisa melakukan keduanya, mendorong inisiatif AI dan menghormati seniman sekaligus. Yang kedua lebih mudah," imbuhnya.

Baca juga: Chatbot Meta AI Masih Terbatas di Beberapa Negara, Bos Facebook Ungkap Tantangannya

Ia juga mengatakan bahwa posting gambar AI ini cukup "menampar" jutaan foto Aurora Borealis yang dijepret dan diunggah penggiat fotografi. Mereka tergabung dalam komunitas "Photographers of Threads".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat