cpu-data.info

Bukan dari Metrik Iklan, Ini Cara Baru Dapat Cuan dari X/Twitter

X kini membuat perubahan besar pada cara kreator mendapatkan uang dari platform tersebut. Mulai 8 November 2024, X akan membayar kreator dari engagement pengguna X Premium, bukan lagi dari iklan.
Lihat Foto

- Jejaring sosial milik Elon Musk, X (dulu Twitter) membuat perubahan besar pada cara kreator mendapatkan uang dari platform tersebut. Kini, X bakal membayar kreator bukan lagi dari metrik iklan, tapi engagement dari pengguna X Premium.

Sejak dua tahun lalu, X memiliki program berbagi pendapatan iklan dengan kreator, berdasarkan berapa banyak pengguna terverifikasi (X Premium) yang melihat iklan dalam balasan postingan mereka.

Aturan itu kini diubah. Mulai 8 November, X mengatakan bahwa kreator akan dibayar berdasarkan keterlibatan atau engagement pengguna Premium dengan konten kreator.

Baca juga: Brasil Buka Blokir X/Twitter Setelah Elon Musk Bayar Denda Rp 80 Miliar

Artinya, pendapatan kreator akan bergantung pada berapa banyak pengguna X Premium yang membalas, memposting ulang, dan menyukai konten milik kreator.

X mengatakan dalam ketentuan pembagian pendapatan kreator bahwa mereka akan menghapus pengguna dari program jika mereka ditemukan secara curang meningkatkan jumlah penayangan pada postingan mereka.

"Hanya interaksi asli dari pengguna Premium yang akan dihitung sebagai penghasilan Anda," menurut akun Premium X.

X tampaknya mencoba untuk memfokuskan peningkatan pendapatan perusahaannya melalui langganan X Premium, bukan melalui penjualan iklannya yang semakin menurun.

X sebelumnya melaporkan bahwa pendapatannya turun hampir 40 persen karena banyaknya pengiklan yang meninggalkan X.

Untuk bisa mendapatkan uang dari twit atau utas, mereka (kreator konten) harus terdaftar terlebih dahulu dalam layanan X Premium atau X Premium+. Di Indonesia, langganan X Premium yang bisa membuat kreator dapat uang dipatok mulai Rp 62.500 per bulan.

Baca juga: Cara Beli Twitter Centang Biru dan Harganya

Tidak disebutkan apa syarat-syarat lain yang harus dipenuhi pengguna atau kreator konten jika mereka ingin memonetisasi twit atau utas mereka, selain harus terdaftar di program berlangganan X Premium.

Selain itu, Musk juga tidak mengumbar secara detail berapa porsi pendapatan iklan yang bakal didapatkan kreator konten di Twitter, kriteria twit yang bisa dimonetisasi, begitu juga beberapa detail lain terkait pembayaran kreator konten.

Perusahaan hanya mengatakan bahwa "hingga" 25 persen langganan Premium akan diberikan "langsung kepada kreator", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (14/10/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat