cpu-data.info

Setelah 14 Tahun, Game "Red Dead Redemption" Versi PC Dipastikan Rilis Oktober Ini

Red Dead Redemption segera meluncur di PC
Lihat Foto

- Penerbit (publisher) game di balik seri Grand Theft Auto (GTA), Rockstar Games, bakal meluncurkan gim Red Dead Redemption dan konten tambahan (expansion) Undead Nightmare di platform PC.

Game ini dipastikan bakal dirilis pada 29 Oktober 2024 di platform distribusi Steam, Epic Games Store, dan Rockstar Store. Ini artinya, Red Dead Redemption versi PC harus menunggu selama 14 tahun, debutnya pada 2010 di konsol PlayStation dan Xbox.

Red Dead Redemption merupakan game aksi dalam dunia terbuka (open-world), yang pertama kali dirilis di konsol PlayStation 3 (PS3) dan Xbox 360 pada Mei 2010. Game ini kemudian diboyong ke platform PlayStation 4 (PS4) dan Nintendo Switch pada 17 Agustus 2023.

Sementara itu, platform PC hanya kebagian sekuelnya saja, yakni Red Dead Redemption 2, dan versi multiplayer-nya, Red Dead Online. Dengan kata lain, ini menjadi pertama kalinya Red Dead Redemption orisinal hadir di PC.

Port versi PC ini digarap oleh Rockstar Games dan pengembang (developer) Double Eleven Studios. Kedua pihak ini bekerja sama untuk menghadirkan berbagai fitur eksklusif PC.

Salah satunya, Red Dead Redemption kini bisa dijalankan dengan refresh rate 144 Hz pada resolusi native 4K, untuk perangkat yang kompatibel. Refresh rate yang tinggi memungkinkan game terasa lebih mulus saat dimainkan, alias tidak patah-patah atau mengalami lag.

Red Dead Redemption versi PCSteam Red Dead Redemption versi PC
Selain itu, game tersebut dibekali dukungan monitor Ultrawide (21:9), Super Ultrawide (32:9), fitur HDR10, serta kompatibilitas dengan aksesori mouse dan papan ketik (keyboard).

Gamer yang menggunakan unit pengolah grafis (GPU) Nvidia atau AMD di komputernya, bisa memanfaatkan fitur upscaling Nvidia Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3.7 atau AMD FidelityFX Super Resolution (FSR).

Fitur ini berguna untuk meningkatkan kinerja game dengan cara melakukan rendering grafis di resolusi lebih rendah dari yang disetel. Contohnya dari resolusi Full HD diperbesar (upscale) ke 4K.

Ada juga fitur Nvidia DLSS Frame Generation bertenaga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yang bisa meningkatkan frame rate permainan. Dengan begitu, performa game menjadi lebih lancar.

Red Dead Redemption versi PC turut menghadirkan jarak gambar (draw distances) yang dapat disesuaikan, pengaturan kualitas bayangan, dan masih banyak lagi.

Bicara soal jarak gambar, hal ini merujuk pada seberapa jauh karakter pemain bisa melihat lingkungan dunia terbuka di sekitarnya. Jarak yang jauh membutuhkan daya komputasi yang lebih besar, sehingga berpotensi menurunkan frame rate permainan.

Baca juga: Game Red Dead Redemption Hadir di PS4 dan Nintendo Switch, tapi Malah Diprotes

Kisah mantan penjahat

Red Dead Redemption versi PC masih membawa alur cerita yang sama seperti versi orisinal. Permainan ini menceritakan kisah seorang mantan penjahat, John Marston saat ia melakukan perjalanan melintasi Amerika Barat dan Meksiko.

Marston melakukan perjalanan ini untuk melacak anggota terakhir dari geng Van Der Linde yang terkenal kejam, dalam upaya menyelamatkan keluarganya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat