cpu-data.info

ChatGPT Rilis "Canvas", Tampilan Baru untuk Permudah Coding

OpenAI meluncurkan antarmuka Canvas baru pada model GPT-4o, baru-baru ini. Ini menjadi perombokan desain besar pertama semenjak ChatGPT dirilis pada 2022.
Lihat Foto

- Induk ChatGPT, OpenAI meluncurkan tampilan antarmuka baru bernama "Canvas" di model AI GPT-4o. Ini menjadi perombakan desain besar pertama semenjak ChatGPT dirilis pada 2022.

"Kami memperkenalkan Canvas, antarmuka baru untuk bekerja dengan ChatGPT dalam menulis dan membuat kode proyek yang melampaui obrolan sederhana. Canvas adalah pendekatan baru dan pembaruan besar pertama untuk antarmuka visual ChatGPT sejak kami meluncurkannya dua tahun lalu," tulis OpenAI di laman resminya.

Antarmuka ini hadir untuk memudahkan penulis atau pembuat kode dalam membuat serta mengubah/merevisi teks atau kode.

Hal ini dimungkinkan karena Canvas datang dengan dua bilah layar. Di sisi layar bilah kiri, pengguna akan melihat kotak percakapan/perintah pengguna untuk ChatGPT. Sementara di sisi kanan, pengguna akan melihat kanvas berupa bilah putih yang lebih lebar.

Baca juga: Pembuat ChatGPT Dapat Pendanaan Baru, Valuasinya Jadi Rp 2.400 Triliun

Dengan tampilan ini, pengguna bisa fokus melihat hasil penulisan atau baris kode, tanpa terganggu dengan perintah yang dimasukkan.

Pengguna perlu memilih model GPT-4o with Canvas untuk menikmati antarmuka baru ini. Menurut pengumuman OpenAI, ChatGPT telah dilatih untuk mengenali perintah tertentu yang membutuhkan antarmuka Canvas.

Tak seperti layar ChatGPT biasa, antarmuka Canvas menyediakan beberapa fitur untuk bantuan penulisan.

Misalnya, pengguna dapat menyorot (highlight) bagian tertentu dari teks dan mengeklik "ask ChatGPT". Kemudian, pengguna bisa memberikan perintah untuk edit atau mengajukan pertanyaan.

Nantinya, ChatGPT akan langsung merevisi bagian teks yang disorot, sesuai dengan perintah terbaru.

Canvas memberikan animasi penyuntingan secara langsung, sehingga pengguna tahu bagian mana saja yang diubah. Di tampilan normal, pengguna biasanya akan melihat tumpukan jawaban baru di setiap perintah, sehingga membuat lembar kerja menjadi panjang.

Tak hanya itu, Canvas juga menyediakan menu pintasan atau shortcut untuk penyuntingan. Ketika membuat draf blog, misalnya, pengguna bisa melihat menu pintasan untuk mengatur panjang-pendek teks, mengubah tingkat keterbacaan, memoles tata bahasa, dan menambahkan emoji.

Beberapa pintasan khusus pengodean juga tersedia untuk meninjau kode, debugging, menambahkan log dan komentar, serta menerjemahkan kode bahasa pemrograman lain (misalnya JavaScript, TypeScript, Python, Java, C++, atau PHP).

Demonstrasi menu pintasan di Canvas bisa ditonton lewat video di atas atau lewat tautan berikut ini.

Fitur-fitur ini absen di antarmuka ChatGPT biasa. Di versi biasa, pengguna ChatGPT perlu memasukkan perintah baru berulang kali untuk menyempurnakan tulisan atau baris kode yang dibuat chatbot.

Jika pengguna membuat kesalahan, pengguna dapat menekan tombol kembali dan kembali ke versi sebelumnya.

Setelah selesai, pengguna cukup tutup jendela, dan akan kembali ke antarmuka ChatGPT normal. Untuk membuka proyek di Canvas, cukup klik modul yang tersimpan dalam riwayat obrolan.

Baca juga: Kalkulator Lawas Dimodifikasi, Bisa Akses Internet dan ChatGPT

Ketersediaan antarmuka Canvas di ChatGPT

Antarmuka Canvas saat ini dalam versi beta dan dapat diakses dengan memilih "GPT-4o with canvas".

Fitur ini sudah diluncurkan secara global untuk pengguna ChatGPT berbayar, yakni ChatGPT Plus dan Teams. Akses akan diperluas ke pengguna Enterprise dan Edu minggu ini. Tidak ada tambahan biaya untuk menggunakan fitur ini.

OpenAI mengatakan berencana menghadirkan antarmuka Canvas versi stabil bagi semua pengguna ChatGPT gratis, meski belum diungkap jadwal pastinya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Senin (7/10/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat