cpu-data.info

Facebook Mencoba Muda, Perbarui Desain demi Pengguna Gen-Z

ilustrasi Facebook
Lihat Foto

- Media sosial Facebook kerap diasosiasikan sebagai medsos untuk orang tua. Namun, induk Facebook, Meta, ingin mengubah citra ini dan menarik perhatian anak muda.

Meta memperbarui tampilan aplikasi media sosial Facebook. Perubahan desain ini diumumkan pada acara pop-up Facebook IRL yang dihelat di Texas, Amerika Serikat, Jumat (4/10/2024).

Sebagai informasi, riset Pew Research Center melaporkan hanya ada 33 persen remaja di Amerika Serikat yang menggunakan Facebook per tahun 2023. Angka ini menurun dari persentase remaja AS yang menggunakan Facebook pada 2014, yakni 71 persen.

Adapun pembaruan desain Facebook ini dibuat untuk mengedepankan sejumlah fitur dan aspek yang biasanya digemari anak muda terutama fitur hiburan. Selain itu ada pula pembaruan lain seperti fitur komunitas lokal, video, Facebook Groups, dan masih banyak lagi.

Bicara soal komunitas, Facebook juga menghadirkan jendela (tab) baru bernama Local. Seperti namanya, menu ini digunakan untuk mencari berbagai informasi tentang area sekitar pengguna.

Menu ini menggabungkan konten lokal dari menu Marketplace, Groups, dan Events.

Baca juga: Induk Facebook Didenda Rp 1,5 Triliun, Ketahuan Simpan Password Sembarangan

Facebook kini menghadirkan jendela (tab) baru bernama Local. Seperti namanya, menu ini digunakan untuk mencari berbagai informasi tentang area sekitar pengguna.TechCrunch Facebook kini menghadirkan jendela (tab) baru bernama Local. Seperti namanya, menu ini digunakan untuk mencari berbagai informasi tentang area sekitar pengguna.
Pengguna bisa menemukan aktivitas yang sedang digelar di sekitar pengguna, grup yang sedang berjualan atau menawarkan barang gratis, rekomendasi tempat kunjungan di lingkungan sekitar, dan lain-lain.

Menu Local baru diuji coba di sejumlah kota di Amerika Serikat, termasuk Austin, Kota New York (NYC), Los Angeles, Washington D.C., Chicago, Charlotte, Dallas, Houston, San Francisco, dan Phoenix.

Linimasa (feed) Facebook juga memiliki menu yang bisa digeser (swipe). Menu ini akan menampilkan posting terkait lingkungan sekitar pengguna, termasuk acara lokal, grup Facebook lokal, bisnis populer, dan lain seterusnya.

Tab Explore

Halaman Explore di Facebook akan dibagi menjadi dua sub-menu, yaitu For You dan Nearby. Menu For You menampilkan konten yang menarik, sedangkan Nearby menampilkan konten lokal di sekitar pengguna. Tampilan ini mirip seperti Pinterest dan Lemon8.TechCrunch Halaman Explore di Facebook akan dibagi menjadi dua sub-menu, yaitu For You dan Nearby. Menu For You menampilkan konten yang menarik, sedangkan Nearby menampilkan konten lokal di sekitar pengguna. Tampilan ini mirip seperti Pinterest dan Lemon8.
Meta juga memperkenalkan tab Explore baru di, yang diletakkan di tengah bar navigasi aplikasi. Bar ini terletak di bagian atas aplikasi untuk Android, dan di bagian bawah aplikasi untuk iOS.

Halaman Explore akan dibagi menjadi dua sub-menu, yaitu For You dan Nearby. Menu For You menampilkan konten yang menarik, sedangkan Nearby menampilkan konten lokal di sekitar pengguna. Tampilan ini mirip seperti Pinterest dan Lemon8.

Menu ini akan ditenagai algoritma yang akan menampilkan konten menarik, seperti tips untuk bepergian ke luar negeri dan kelompok lari untuk maraton.

Tab Video juga diperbarui, yang memungkinkan pengguna menonton video pendek (short-form), video panjang (long-form), dan video live stream dalam satu tempat. Semua video ini dapat ditonton dalam mode layar penuh (full screen).

Hal ini memberi ruang lebih besar bagi video pendek Facebook Reels. Sebab, menurut Facebook, orang dewasa muda menghabiskan 60 persen waktunya di aplikasi itu untuk menonton video, dan lebih dari separuh di antaranya menonton Reels setiap harinya.

Baca juga: Pengakuan Meta, Pakai Foto Pengguna Facebook untuk Latih AI

Facebook Events dan Groups diperbarui

Meta juga memperkenalkan perubahan untuk Facebook Events dan Facebook Groups.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat