cpu-data.info

Kalkulator Lawas Dimodifikasi, Bisa Akses Internet dan ChatGPT

Seorang Youtuber dari kanal ChromaLock memodifikasi kalkulatrof lawas, yakni TI-84. Kalkulator ini dipermak sehingga bisa mengakses internet dan ChatGPT.
Lihat Foto

- Seorang Youtuber yang menggawangi kanal ChromaLock, memodifikasi kalkulator konvensional, menjadi perangkat yang lebih canggih.

Kalkulator itu disulap agar bisa terhubung ke internet, dan menambahkan fitur-fitur lain, salah satunya ChatGPT.

ChatGPT ini ditambahkan agar bisa membantu penghitungan yang lebih kompleks dengan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), sesuatu yang belum bisa dilakukan kalkulator konvensional.

Kalkulator yang menjadi bahan proyek ChromaLock adalah TI-84, kalkulator grafik buatan perusahaan Texas Instruments tahun 2004 lalu. Fitur didalamnya sudah cukup variatif, mencakup penghitungan pecahan, persamaan, dan geometri.

Baca juga: Apple Rilis Aplikasi Kalkulator di iPad Setelah 14 Tahun, Ada Fitur Math Notes

Dalam video berjudul "I Made the Ultimate Cheating Device (Saya membuat perangkat buat main curang paling andal)", ia menjelaskan garis besar proses modifikasinya.

Untuk memodifikasi, ChromaLock membutuhkan hardware dan software tambahan, yang dia buat sendiri.

Software yang ia rancang, ia unggah ke GitHub, platform untuk pengembangan perangkat lunak, terutama untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi kode sumber. Platform ini bebas diakses oleh developer secara terbuka.

Di GitHub, software itu ia simpan di repositori TI-32 dengan deskripsi "sebuah mod untuk (kalkulator) TI-84 Plus Silver Edition dan TI 84 Plus C Silver Edition untuk memberikan akses internet ke mereka dan menambah aneka fitur, seperti mode uji coba dan dukungan kamera."

Meskipun tidak menyebut ChatGPT, namun software itu juga bisa digunakan untuk menambahkan fitur tersebut di kalkulator TI-84 Plus series.

Dari segi hardware, ia menambahkan microcontroller, yakni sebuah chip terpadu yang di dalamnya mencakup CPU, RAM, ROM, dan komponen internal lain.

Microcontroller ini bisa memroses sinyal digital, merespons input pengguna, dan memberikan sinyal output sesuai program yang disematkan di dalamnya. Microcontroller ini harus berukuran sekecil mungkin agar muat di bodi kalkulator, tanpa merusak komponen lain.

Nah, microcontroller yang digunakan adalah Seed Studio XIAO-ESP32-C3, yang kemudian dihubungkan ke papan sirkuit yang ia rancang sendiri.

Agar kalkulator hasil modifikasi ini bisa berfungsi, ia menambahkan resistor 1K antara microcontroller dan link port untuk menyesuaikan voltase.

Setelah proses modifikasi rampung, ia memamerkan kemampuan kalkulator hasil modifikasinya. Kalkulator lawas itu tampak menampilkan fungsi chat, tampilan gambar monokrom, dan jendela input ChatGPT.

Baca juga: 2 Link Kalkulator Kesehatan Mental Online yang Tengah Ramai di TikTok

Selain itu, kalkulator ini juga bisa digunakan untuk browsing, e-mail, memainkan game "snake", dan mengakses Discord. Namun tentu saja, cara mengaksesnya tidak semudah menggunakan smartphone karena antarmuka (UI) nya sangat sederhana.

Ia juga menujukkan kemampuan GPT yang mampu memecahkan soal matematika kompleks, hanya dengan memasukkan prompt, sebagaimana saat kita menggunakan chatbot AI ChatGPT.

Kemampuan TI-84 edisi modifikasi ini memang sangat menarik, namun rentan disalahgunakan untuk tindakan kecurangan, terutama di lingkungan akademik.

ChromaLock menegaskan bahwa mereka tidak mendukung "ketidakjujuran" di lingkup akademis, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Senin (30/1/2024).

Modifikasi ini dibuat hanya untuk tujuan pendidikan. Untuk melihat kemampuan kalkulator modifikasi ini, bisa disimak di video ChromaLock berikut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat