cpu-data.info

Xiaomi 14T Dicuci dan Direndam Air, Masih Bisa Berfungsi?

Layar Xiaomi 14T berukuran 6,67 inci dengan refresh rate 144 Hz, sudah mendukung tingkat kecerahan 4.000 nits, HDR10+, dan fitur Dolby Vision.
Lihat Foto

- Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro sudah resmi dirilis di Indonesia 1 Oktober lalu. salah satu keunggulan smartphone ini adalah sudah mengantongi sertifikasi IP68. Artinya, secara teori smartphone ini memiliki ketahanan terhadap debu dan air.

Secara spesifik, perangkat dengan peringkat IP68, diklaim mampu terendam dalam air tawar hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit tanpa mengalami kerusakan. Selain itu, perangkat ini juga aman dari debu, kotoran, dan pasir.

Nah, untuk membuktikannya, KompasTekno mencuci Xiaomi 14T di wastafel, sekaligus merendamnya di dalam air.

Baca juga: Uji Benchmark Xiaomi 14T Versi Indonesia, Sekian Skornya

Apakah smartphone yang dibanderol mulai Rp 6,5 juta ini masih berfungsi normal setelah dicuci dan direndam dalam air?

Jawabannya bisa disimak di video TikTok KompasTekno berikut.

@kompastekno Replying to @heoooo2525bukti sudah lolos ip68 yak ges. tapi jangan tiru ini di rumah???? #xiaomi14t #fyp? #foryoupage #fyp ? original sound - Tekno Kompascom

Spesifikasi Xiaomi 14T series

Spesifikasi Xiaomi 14T sebenarnya hampir mirip dengan "saudaranya", Xiaomi 14T Pro. Keduanya sama-sama dibekali kamera Leica Summilux Optics.

Hanya saja, sensornya berbeda. Sensor kamera Xiaomi 14T Pro menggunakan Light Fusion 900, kolaborasi Xiaomi dan Leica, sedangkan Xiaomi 14T reguler menggunakan sensor Sony IMX906.

Chipset yang digunakan juga berbeda. Xiaomi 14T Pro ditenagai MediaTek Dimensity 9300 Plus yang dirancang dengan teknologi fabrikasi 4 nanometer. Sementara, Xiaomi 14T mengandalkan MediaTek Dimensity 8300 Plus.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi 14T Pro di Indonesia

Dukungan fast charging juga berbeda. Xiaomi 14T Pro didukung fast charging 120 watt, lebih tinggi dari model "regular" yang mentok di 67 watt saja. Spesifikasi lengkap Xiaomi 14T series ada di artikel berikut, serta video TikTok berikut.

@kompastekno spek lengkap plus harga xiaomi 14t series di indonesia #xiaomi14tseries #fyp #foryoupage #fyp? #xiaomi14t ? original sound - Tekno Kompascom

KompasTekno juga sempat melakukan hands-on di Berlin, Jerman, tepat setelah Xiaomi 14T series dirilis secara global. Hands-on selengkapnya bisa disimak di video TikTok berikut.

@kompastekno hands-on XIAOMI 14T langsung dari Berlin???????????? #xiaomi #xiaomi14t #leica #mifans #techtok #berlin #germany @xiaomi.official @xiaomi.indonesia ? BIRDS OF A FEATHER - Billie Eilish

Jangan lupa follow media sosial kami di Instagram @teknokompas, TikTok @kompastekno, dan YouTube Tekno Kompas untuk dapat informasi terkini seputar teknologi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat