cpu-data.info

Arti Kata Ege, Bahasa Gaul yang Sering Muncul di Media Sosial

Ilustrasi media sosial.
Lihat Foto


- Bahasa gaul di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat seiring dengan meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. 

Kata-kata baru, singkatan, dan ungkapan khas sering kali muncul di platform seperti TikTok, X/Twitter, atau Instagram, menciptakan tren bahasa yang terkadang sulit dipahami oleh mereka yang tidak aktif di media sosial.

Salah satu kata yang tengah populer adalah “Ege.” Kata ini mulai banyak digunakan dalam percakapan non-formal di media sosial, meskipun bagi sebagian orang, istilah ini mungkin masih terdengar asing.

Seperti banyak istilah slang lainnya, “Ege” sering dipakai untuk menambah warna dan kesan santai pada percakapan, mencerminkan fleksibilitas dan kreativitas bahasa gaul dalam berkomunikasi.

Kata “Ege” sering kali digunakan baik sebagai pengganti kata formal maupun sebagai imbuhan yang memperkaya sebuah kalimat. Lantas apa arti sebenarnya kata “Ege”? Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Arti Kata “Bokem”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Media Sosial

Arti kata "ege" di media sosial

Berdasarkan penelusuran KompasTekno melalui berbagai konten di media sosial, khususnya di TikTok, istilah "ege" dalam bahasa gaul Indonesia kerap digunakan untuk menggambarkan seseorang yang dianggap "bodoh". 

Kata ini merupakan variasi dari istilah "bege" atau "bego," yang sudah lebih dulu populer dan memiliki makna serupa, seperti "dungu," "konyol," atau "ignorant" (tidak tahu apa-apa).

Dalam percakapan sehari-hari, terutama di platform digital, istilah ini sering digunakan untuk mengekspresikan ketidakpuasan atau sindiran terhadap seseorang yang dianggap melakukan tindakan yang kurang masuk akal. Meski terdengar kasar, dalam beberapa konteks, kata "ege" juga bisa digunakan secara ringan atau bercanda di antara teman dekat.

Penggunaan kata "ege" dalam percakapan tidak jarang hadir dengan nuansa humor atau sarkasme.

Misalnya, seseorang mungkin berkata, “Jangan ege deh. Masa loe mau balikan sama orang yang udah nyakitin loe?” Kalimat ini menunjukkan bagaimana kata tersebut bisa digunakan untuk mengingatkan seseorang agar tidak melakukan sesuatu yang dianggap bodoh, tetapi dengan nada yang santai atau bahkan bercanda.

Di sisi lain, kata "ege" juga dapat digunakan untuk menyampaikan rasa frustrasi atau merendahkan, seperti dalam kalimat “Dasar ege! Udah diberi enak malah maunya susah.” Di sini, kata tersebut mengandung konotasi negatif, menggambarkan seseorang yang tidak tahu menghargai atau tidak bisa mengambil keputusan yang bijak.

Istilah “ege” juga identik dengan kreator konten dengan handle @fikryrai yang melabel nama lainnya sebagai “Ikky Ege”. Hal ini dikarenakan dirinya kerap menggunakan kata “ege” di berbagai konten yang diterbitkannya di TikTok.

Dalam kesehariannya membuat konten, dirinya menggunakan kata “ege” sebagai bahasa gaul atau imbuhan dalam narasi-narasi yang dilontarkannya dalam konten.

Menurutnya, bahasa slang “ege” umumnya digunakan sebagai imbuhan kalimat pada konteks tertentu. Imbuhan ini sebenarnya tidak memiliki arti khusus. Namun ia menerangkan istilah ‘ege’ digunakan dalam konteks candaan saja. 

Dalam wawancara di sebuah media tertentu, istilah hanya cocok digunakan sebagai percapakan santai sehari-hari untuk teman sebaya dan tidak dianjurkan digunakan berkomunikasi kepada seseorang yang dianggap dihormati atau disegani. Misalnya orang tua, guru, atau dalam konteks percakapan formal.

Demikian uraian arti kata “ege” yang kerap digunkan pengguna dalam keseharian khususnya di media sosial. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Arti Kata “Bokem”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Media Sosial

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat