cpu-data.info

3 Cara Ganti Password Gmail yang Lupa dengan Mudah dan Praktis

Cara ganti password Gmail yang lupa.
Lihat Foto

- Terdapat beberapa panduan dalam mengelola akun e-mail Gmail yang perlu diketahui pengguna. Salah satu panduan itu seperti cara ganti password Gmail yang lupa. Cara mengganti password Gmail yang lupa ini bakal berguna.

Masalah lupa kata sandi Gmail merupakan masalah yang umum terjadi. Setiap pengguna bisa saja lupa dengan komposisi kata sandi akun e-mail Gmail miliknya sendiri yang disebabkan oleh berbagai alasan.

Baca juga: 5 Cara Melihat Password Gmail yang Lupa di HP dan Laptop dengan Mudah

Misalnya, pengguna sudah jarang lagi mengakses Gmail dengan salah satu akun, sehingga lupa dengan komposisi kata sandinya. Jika sampai lupa, hal ini bakal merepotkan karena pengguna jadi tidak bisa mengakses Gmail.

Agar bisa mengakses Gmail kembali, salah satu solusi yang bisa dilakukan ketika lupa kata sandi adalah menggantinya. Oleh karena itu, pengguna penting buat mengetahui cara ganti password Gmail yang lupa.

Lantas, bagaimana cara mengganti password Gmail yang lupa? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara ganti password Gmail yang lupa dengan mudah dan praktis.

Cara ganti password Gmail yang lupa

Cara ganti password Gmail yang lupa itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara mengganti password Gmail yang lupa. Secara umum, lupa kata sandi Gmail dapat diatasi dengan mengirim permintaan pergantian password.

Namun, untuk bisa mengirim permintaan pergantian password itu, ada beberapa metode verifikasi akun yang bisa dipilih pengguna, seperti melalui nomor telepon, e-mail pemulihan, dan perangkat lain.

Adapun penjelasan dari masing-masing cara ganti password Gmail yang lupa itu adalah sebagai berikut.

Cara ganti password Gmail yang lupa dengan nomor telepon

Cara mengganti password Gmail yang kedua adalah menggunakan nomor telepon untuk menerima kode verifikasi. Cara kedua ini dapat dilakukan untuk kondisi ketika pengguna lupa kata sandi Gmail dan akun telah ditautkan dengan nomor telepon yang aktif.

Saat lupa kata sandi Gmail, pengguna bisa mengajukan permintaan untuk menggantinya dengan diverifikasi menggunakan nomor telepon yang terdaftar. Dalam pendaftaran akun Gmail, pengguna biasanya diminta mencantumkan nomor telepon aktif.

Nomor telepon itu berfungsi untuk mengirim kode verifikasi saat terdapat permintaan atas berbagai perubahan pada akun Gmail, termasuk dalam urusan pergantian password Gmail karena lupa.

Kode verifikasi permintaan ganti password Gmail itu bakal dikirim via SMS ke nomor telepon terdaftar itu. Adapun penjelasan soal cara mengganti password Gmail yang lupa dengan nomor telepon saat lupa kata sandi adalah sebagai berikut:

  • Buka website ini #.
  • Selanjutnya, masukkan alamat email atau akun Gmail untuk login di website pengelolaan akun Google tersebut.
  • Di langkah memasukkan kata sandi, silakan klik opsi “Lupa Sandi?”
  • Kemudian, Google bakal mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP yang tertaut pada akun Gmail. Kode bisa dikirim via SMS atau telepon. Masukkan kode tersebut di website pengelolaan akun Google.
  • Selanjutnya, pengguna bakal diminta untuk membuat password baru untuk menggantikan kata sandi yang lama.

Ilustrasi cara ganti password Gmail yang lupa dengan nomor telepon./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara ganti password Gmail yang lupa dengan nomor telepon.

Penting diingat juga, cara di atas hanya dapat dilakukan bila nomor telepon yang tertaut dengan akun Gmail masih aktif, sehingga bisa menerima kode verifikasi permintaan mengganti kata sandi yang lupa.

Dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin bisa mengalami masalah lupa password Gmail dan nomor HP sudah tidak aktif. Lantas, bagaimana cara memulihkan Gmail yang lupa kata sandi dan nomor tidak aktif?

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh dengan Mudah dan Praktis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat