cpu-data.info

Oppo Reno 12 5G Bisa Bacakan Teks Artikel, seperti Dengar "Podcast"

Oppo Reno 12 5G menampilkan fitur AI Speak.
Lihat Foto

- Oppo Reno 12 5G punya segudang fitur kecerdasan buatan (AI) yang bisa meningkatkan produktivitas pengguna, salah satunya adalah AI Speak. 

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan AI membacakan artikel atau teks yang tampil di layar secara otomatis.

Jika dibayangkan, pengalaman yang diberikan AI Speak mirip seperti mendengar konten musik, audiobook, atau siniar (podcast)

Artinya, pengguna bisa melakukan kegiatan lainnya di Oppo Reno 12 5G mereka sembari dibacakan teks atau artikel yang ingin diketahui, tentunya tanpa harus repot-repot membacanya. 

Baca juga: Adu Trio HP Tahan Banting, Oppo A3, Oppo A3x, dan Oppo A3 Pro 5G

Untuk menggunakan AI Speak, pengguna hanya perlu membuka teks atau artikel yang hendak dibacakan, misalnya lewat peramban (browser) Google Chrome, lalu menggeser (swipe) menu sidebar yang terletak di pojok kanan atas layar.

Cara pakai fitur AI Speak di Oppo Reno 12 5G./BILL CLINTEN Cara pakai fitur AI Speak di Oppo Reno 12 5G.

Lalu, pengguna bisa langsung memilih menu "AI Speak". Setelah itu, AI akan memindai (scan) layar dalam beberapa detik dan mulai membacakan teks atau artikel yang ditampilkan layar. 

Ketika teks atau artikel dibacakan, pengguna akan disodorkan dengan jendela pop-up AI Speak. Jendela ini akan menampilkan teks yang sedang dibacakan oleh AI, lengkap dengan bagian teks mana yang sedang dibacakan.

Di tampilan ini, pengguna bisa menemukan beberapa tombol macam aplikasi pemutar musik, seperti tombol pause untuk menjeda baca, tombol fast forward untuk lompat ke bagian teks bawah, hingga tombol rewind untuk kembali ke bagian teks atas.

Baca juga: Oppo Pamer Konsep Ponsel Layar Lipat Tiga

Pengguna juga bisa menemukan tombol "Speed" untuk meningkatkan atau memperlambat kecepatan baca, serta "Replay" untuk mengulang pembacaan teks.

Cara pakai fitur AI Speak di Oppo Reno 12 5G./BILL CLINTEN Cara pakai fitur AI Speak di Oppo Reno 12 5G.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih jenis suara yang dikeluarkan, bisa perempuan (Female) atau laki-laki (Male). 

Nah, jika ingin membuat aplikasi lan, pengguna bisa menekan tombol "Close" untuk menutup tampilan AI Speak.

Nantinya, proses pembacaan akan tetap berjalan di latar belakang (background), sama seperti pengguna mendengarkan musik, audiobook, atau podcast.

Perlu dicatat, AI Speak hanya bisa memindai dan memahami sejumlah bahasa saja, mulai dari Mandarin, Inggris, dan Hindi.

Dengan kata lain, AI Speak untuk saat ini belum bisa membacakan teks atau artikel berbahasa Indonesia. Ada kemungkinan bahasa lokal ini akan didukung Oppo di masa depan. 

Oppo Reno 12 5G dijual di Indonesia dengan harga Rp 7 juta (12/256 GB). Fitur AI Speak juga tersedia di Oppo Reno 12 Pro 5G yang bisa dibeli dengan harga Rp 9 juta (12/512 GB).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat