cpu-data.info

Selamat Tinggal Stiker Apple, "Unboxing" iPhone 16 Akan Berbeda Rasanya

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Maxresmi. Harga iPhone 16 Pro dijual mulai 999 dollar AS (sekitar Rp 15,4 juta), sedangkan iPhone 16 Pro Max dijual mulai 1.199 dollar AS (sekitar Rp 18,5 juta).
Lihat Foto

- Unboxing atau membuka kotak kemasan iPhone 16 series kemungkinan akan terasa berbeda dibanding sebelum-sebelumnya. Sebab, Apple menghilangkan salah satu item yang cukup menjadi ciri khas, yakni stiker logo Apple.

Pembeli iPhone 16 series tidak akan lagi mendapat stiker berlogo Apple, seperti di kotak kemasan iPhone generasi sebelumnya.

Hal itu diketahui dari pesan yang didistribusikan perusahaan asal Cupertino, AS itu ke pegawai Apple Store. Pesan yang seharusnya internal ini, diketahui oleh media teknologi 9to5Mac.

Apabila benar, maka langkah ini akan mengikuti jejak penjualan produk Apple sebelumnya. Kabarnya, pembeli headset VR Apple Vision Pro bulan Februari lalu, serta pembeli iPad Pro dan iPad Air Mei lalu, juga sudah tidak mendapatkan stiker berlogo ikonik itu di dalam kemasan.

Baca juga: iPhone 16 Enggak Selaku iPhone 15?

Sebelumnya, stiker logo Apple menjadi ciri khas yang selalu disertakan dalam paket penjualan produk Apple. Namun, kini Apple berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik di kemasan produknya, salah satunya dengan cara menghilangkan stiker tersebut.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Apple untuk mengurangi penggunaan plastik dan mencapai target bebas karbon pada tahun 2030 mendatang.

iPhone 16 sendiri diklaim dibuat dengan bahan ramah lingkungan. Sebanyak 25 persen bahan yang digunakan berasal dari daur ulang, seperti aluminium, lithium.

Kotak kemasan juga disebut sepenuhnya terbuat dari serat. Apple ingin menunjukkan bahwa inovasi teknologi dan keberlanjutan dapat berjalan dengan beriringan.

Tahun ini, Apple secara spesifik mengatakan bahwa pengemasan iPhone 16 dan iPhone 16 Pro sepenuhnya berbasis serat. Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan plastik sebagai bahan kotak kemasan.

Stiker Apple mungkin memang tak termasuk dalam kotak kemasan lagi. Namun, pembeli tetepa bisa mendapatkan stiker itu dengan cara meminta langsung ke pegawai Apple Store di outlet.

Sementara itu, pembelian dari pihak ketiga, tidak dapat memiliki stiker Apple. Pembelian lewat jalur online, di mana unit dikirim ke rumah pun juga tidak berkesempatan mendapat stiker.

Artinya, satu-satunya cara untuk mendapatkan stiker hanyalah lewat pembelian langsung di Apple Store secara luring (offline).

Baca juga: iPhone 16 Pro Sultan Dijual Rp 163 Juta, Apa Istimewanya?

Hilangnya stiker logo Apple membuat isi kotak kemasan iPhone baru menjadi semakin minimalis.

Sejak tahun 2020 atau saat perilisan iPhone 12, Apple sudah tidak lagi menyertakan adapter charger dan earpods dalam kotak kemasan. Alasannya pun sama, yakni untuk mendukung kampanye pengurangan limbah elektronik.

Nah, nantinya isi kotak ritel iPhone 16 kabarnya hanya akan mencakup satu unit perangkat, beberapa dokumentasi, pin pelepas SIM (khusus India), dan kabel USB-C ke USB-C, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Indian Express, Jumat (20/9/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat