cpu-data.info

Inikah Wujud Asli Konsol Genggam Nintendo Switch 2?

Ilustrasi Nintendo Switch
Lihat Foto

- Perusahaan game asal Jepang, Nintendo akan mengumumkan suksesor konsol genggam (handheld) Nintendo Switch sebelum 31 Maret 2025.

Meski belum diumumkan secara resmi, desain dan spesifikasi konsol yang konon akan dinamai Nintendo Switch 2 ini sudah beredar di media sosial.

Desain berupa render tiga dimensi (3D) ini awalnya dibagikan ke server platform Discord yang tak disebutkan namanya, oleh pengguna anonim dari China.

Pengguna ini mengeklaim telah mendapatkan gambar tersebut dari seseorang di bawah perjanjian kerahasiaan (non-disclosure agreement/NDA), yang kemungkinan besar merupakan pekerja pabrik.

Bocoran wujud Nintendo Switch 2 kemudian disebarluaskan lewat media sosial X/Twitter dan Reddit, salah satunya oleh jurnalis media game Video Game Chronicles, Andy Robinson.

Baca juga: Kaset Nintendo Superlangka Dilelang, Penawaran Tembus Rp 2 Miliar

Render tersebut menunjukkan desain Nintendo Switch 2 yang cukup mirip dengan Nintendo Switch versi orisinal. Controller konsol ini alias Joy-Con juga bisa dilepas pasang alias detachable.

Bedanya, Nintendo Switch 2 konon mengusung layar 8 inci, meningkat dari 6,2 inci di Nintendo Switch, dan 7 inci di Nintendo Switch OLED.

Rumornya, layar ini bakal mendukung resolusi 1.080p, dan dock (alat dudukan untuk menampilkan gameplay Nintendo Switch di televisi) konsol ini kabarnya bakal mendukung resolusi 4K.

Layar ini diklaim masih menggunakan panel LCD, bukan OLED seperti Nintendo Switch OLED. Panel OLED bisa menampilkan warna hitam yang lebih pekat dan kontras warna yang lebih baik.

Render tiga dimensi yang membandingkan bocoran ukuran konsol Nintendo Switch 2 (atas) dan Nintendo Switch (bawah).X.com Render tiga dimensi yang membandingkan bocoran ukuran konsol Nintendo Switch 2 (atas) dan Nintendo Switch (bawah).
Karena layarnya yang lebih besar, ukuran bodi Nintendo Switch 2 juga menjadi lebih besar. Namun, belum diketahui dimensi keseluruhan konsol genggam ini secara rinci.

Bicara soal controller, Joy-Con diklaim telah dibekali rel samping magnetis (side rail) yang baru.

Tombol samping Joy-Con alias tombol SL/SR dan lampu LED flash depan disebut mendapatkan pembaruan. Ada pula tombol baru di di belakang Joy-Con, meski belum diketahui fungsinya.

Di samping itu, tata letak (layout) controller-nya secara garis besar masih sama, misalnya tombol ABXY, analog, dan tombol L/R.

Nintendo Switch 2 rumornya turut dibekali dua port USB-C, yang terletak di bagian atas dan bawah konsol. Ada pula jack audio 3,5 mm dan slot untuk kaset game Nintendo Switch alias cartridge.

Baca juga: Wanita Selundupkan 350 Kaset Nintendo Switch, Ketahuan dari Bentuk Dada

Bocoran spesifikasi Nintendo Switch 2

Selain desain, bocoran spesifikasi Nintendo Switch 2 juga disebarkan di media sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat