cpu-data.info

Wanita Selundupkan 350 Kaset Nintendo Switch, Ketahuan dari Bentuk Dada

Ilustrasi Nintendo Switch
Lihat Foto

- Seorang wanita diamankan setelah ketahuan menyelundupkan sebanyak 350 kaset (cartridge) game konsol Nintendo Switch, di bra yang dipakainya.

Perempuan ini berusaha menyelundupkan kaset itu dari Hong Kong ke China lewat Pelabuhan Liantang.

Wanita tersebut dihentikan di Pelabuhan Liantang pada Jumat (14/6/2024), setelah petugas bea cukai curiga terhadap gerak-gerik perempuan tersebut.

Pelaku penyelundupan kaset Nintendo Switch di bra ini disebut tampak gugup, dan memiliki dada dengan bentuk yang mencurigakan.

Baca juga: Pria Ketahuan Selundupkan 300 CPU gara-gara Jalannya Aneh

Seorang perempuan di China ketahuan menyelundupkan sebanyak 350 kaset Nintendo Switch.Kotaku Seorang perempuan di China ketahuan menyelundupkan sebanyak 350 kaset Nintendo Switch.
Usai diamankan ke sebuah tempat privat, petugas bandara menemukan lebih dari 300 kaset Nintendo Switch. Jumlah yang banyak ini dikarenakan kaset Nintendo Switch memiliki dimensi 31 mm x 21 mm x 3 mm yang kecil, atau seukuran koin.

Estimasi nilai dari 350 kaset Nintendo Switch yang diselundupkan adalah 70.000 Yuan atau sekitar Rp 158,3 juta. Tidak diketahui game apa saja yang diselundupkan.

Secara hukum, pelanggaran seperti ini diatur oleh Pasal 7 Peraturan Pelaksanaan Sanksi Administratif Kepabeanan Republik Rakyat China.

Peraturan tersebut melarang masyarakat untuk menghindari bea cukai dengan "menyembunyikan, menyamarkan, tidak mendeklarasikan, mentranspor, membawa, mengirimkan barang yang dilarang atau dibatasi masuk dan keluarnya oleh negara".

Baca juga: Pura-pura Hamil, Wanita Selundupkan 200 Prosesor Intel dan iPhone

Tak hanya itu, kegiatan membawa barang ke dalam negara tanpa membayar pajak yang diwajibkan, sifatnya ilegal dan dihitung sebagai penyelundupan.

Artinya kebijakan ini sama seperti kebanyakan negara.

Seorang perempuan di China ketahuan menyelundupkan sebanyak 350 kaset Nintendo Switch.Tom's Hardware Seorang perempuan di China ketahuan menyelundupkan sebanyak 350 kaset Nintendo Switch.
Jika kaset game Nintendo Switch itu tidak dianggap sebagai sesuatu yang dibatasi oleh China, perempuan yang menyelundupkan kaset tersebut kemungkinan tidak akan mendapatkan hukuman penjara.

Namun demikian, pelaku penyelundupan ini dapat didenda "tidak lebih dari tiga kali lipat jumlah bea yang harus dibayar tapi dihindari", sebagaimana dikutip KompasTekno dari Kotaku, Senin (24/6/2024).

Bukan pertama kali

Ini bukan pertama kalinya produk Nintendo berusaha diselundupkan dari satu negara ke negara lainnya.

Pada 2021, sebanyak 7,6 ton kartu permainan (trading card game/TCG) Pokemon palsu, yang rencananya diselundupkan ke Eropa, diamankan oleh petugas bea cukai.

Kartu ini dimuat dalam 20 boks berukuran besar.

Di sisi lain, pada tahun 2020, sebanyak 86.000 mainan (figurine) Pokemon palsu, yang dibawa dari Hong Kong ke Pennsylvania, Amerika Serikat, diamankan oleh petugas bea cukai.

Ada sebanyak 15 boks mainan dengan nilai mencapai 604.000 dollar AS atau setara Rp 9,8 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat