cpu-data.info

3 Cara Cek Kesehatan Baterai Macbook dengan Mudah dan Praktis

Cara cek kesehatan baterai Macbook.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dalam memeriksa kondisi pada beberapa komponen di laptop Apple alias Macbook. Salah satu panduan itu seperti cara cek kesehatan baterai Macbook.

Perlu diketahui, battery health atau kesehatan baterai adalah kemampuan baterai untuk menyimpan daya sehingga Macbook dapat digunakan dalam durasi waktu tertentu sebelum perlu diisi daya kembali.

Baca juga: 3 Cara Cek RAM Macbook dengan Mudah dan Cepat

Seiring waktu penggunaan, battery health Macbook bisa menurun. Jika menurun, baterai tidak akan bisa menyimpan daya secara optimal sesuai desain kapasitas awalnya, sehingga laptop bisa lebih cepat kehabisan daya alias Macbook jadi lebih sering mengecas.

Lantaran berpengaruh pada kinerja Macbook, pengguna perlu memeriksa tingkat kesehatan baterainya. Cara cek kesehatan baterai Macbook bakal berguna untuk berbagai keperluan. Misalnya, saat pengguna hendak membeli Macbook. khususnya yang dalam kondisi bekas.

Sebelum membeli Macbook bekas, pengguna perlu melihat apakah kesehatan baterainya masih normal atau tidak. Selain itu, cara cek kesehatan baterai Macbook juga berguna untuk memantau kondisi baterai dari waktu ke waktu.

Jika kesehatan baterai sudah turun drastis, pengguna dapat mempertimbangkan buat mengganti baterai Macbook. Dengan beberapa kegunaan ini, pengguna penting buat mengetahui cara cek battery health Macbook.

Lantas, bagaimana cara memeriksa kesehatan baterai Macbook? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara melihat kesehatan baterai Macbook dengan mudah dan praktis.

Cara cek kesehatan baterai Macbook

Cara cek kesehatan baterai Macbook itu pada dasarnya cukup mudah. Dalam cara cek battery health Macbook ini, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan. Macbook menyediakan fitur bawaan buat cek kesehatan baterai.

Ada beberapa pilihan cara cek kesehatan baterai Macbook yang bisa dilakukan pengguna dengan memanfaatkan fitur bawaan. Misalnya, pengguna bisa cek kesehatan baterai Macbook melalui menu bar.

Kemudian, cara cek battery health Macbook juga bisa dilakukan dengan mengakses menu pengaturan perangkat atau System Preferences. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara cek kesehatan baterai Macbook adalah sebagai berikut.

1. Cara cek battery health Macbook via menu bar

Cara cek battery health Macbook yang pertama adalah melalui menu bar. Cara ini bisa dipakai di hampir semua versi sistem operasi Macbook atau MacOS. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik tombol Option dan klik ikon baterai yang terdapat pada menu bar di bagian paling atas layar Macbook.
  • Selanjutnya, pengguna bakal bisa melihat status kesehatan baterai Macbook.

Baca juga: 3 Cara Mengatur Kecerahan Layar Macbook dengan Mudah dan Praktis

2. Cara cek kesehatan baterai Macbook lewat System Preferences

Cara cek kesehatan baterai Macbook yang kedua adalah melalui menu pengaturan atau System Preferences. Cara ini bisa digunakan di Macbook dengan MacOS BigSur dan yang lebih baru. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Klik ikon Apple di layar utama Macbook.
  • Kemudian, pilih menu “System Preferences”.
  • Setelah itu, klik menu “Battery”, lalu pilih opsi “Battery” lagi.
  • Terakhir, pengguna bakal bisa melihat status kesehatan baterai Macbook.

3. Cara cek kesehatan baterai Macbook via System Reports

Ketiga, cara cek kesehatan baterai Macbook bisa dicek di System Reports. Untuk diketahui, System Reports adalah program bawaan untuk memeriksa berbagai komponen hardware yang terpasang di Macbook, termasuk baterai. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

MacOS Monterey dan yang lebih lama

  • Klik ikon Apple di layar Home.
  • Kemudian, pilih menu “About This Mac” atau “Mengenai Mac Ini”.
  • Setelah itu, klik menu “System Report”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Power” dan pengguna bakal bisa melihat kondisi kesehatan baterai Macbook. System Reports juga bakal menampilkan informasi kapasitas baterai dalam menyimpan daya dalam satuan mAh dan menampilkan informasi siklus baterai.

MacOS Ventura dan yang lebih baru

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat