cpu-data.info

Menpora Sebut Arena E-sports Jadi Venue Terbaik PON XXI 2024

Layar utama di panggung venue PON XXI 2024 cabor e-sports, Medan International Convention Center, Kota Medan, Sumatera Utara.
Lihat Foto

MEDAN, - Meski baru pertama kali menjadi cabang olahraga resmi dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara, e-sports sudah mendapat pujian.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan bahwa venue atau arena digelarnya pertandingan e-sports adalah venue terbaik di PON XXI 2024.

Venue yang berlokasi di Medan International Convention Center (MICC), Kota Medan, Sumatera Utara, dinilai memiliki desain paling bagus dibanding venue PON XXI 2024 lainnya yang ada di Aceh dan Sumatera Utara.

"Saya mengapresiasi (Pengurus Besar Esports Indonesia/PBESI), mungkin saya bisa bilang ini (MICC) merupakan desain venue terbaik yang ada di PON XXI 2024," kata Dito di atas panggung acara pembukaan PON XXI 2024 untuk cabor e-sports, Jumat (13/9/2024).

Dito tak mengungkap secara detail penilaiannya terhadap venue MICC yang akan dipakai untuk menyuguhkan tujuh nomor pertandingan (Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, dkk) di cabor e-sports PON XXI 2024 ini. 

Baca juga: Menpora: Jadikan PON XXI sebagai Batu Loncatan ke Ajang Olimpiade Esports 2025

Area tempat duduk penonton di venue PON XXI 2024 cabor e-sports, Medan International Convention Center, Kota Medan, Sumatera Utara./BILL CLINTEN Area tempat duduk penonton di venue PON XXI 2024 cabor e-sports, Medan International Convention Center, Kota Medan, Sumatera Utara.

Berdasarkan pengamatan KompasTekno secara langsung di tempat acara, arena PON XXI 2024 untuk cabor e-sports ini memang cukup megah dan mewah, karena dibuat di sebuah ballroom besar.

Di bagian panggung utama, terdapat banyak lampu warna-warni yang bisa diatur dari ruangan kontrol, serta aneka bendera berwarna merah yang menampilkan berbagai maskot PON XXI 2024.

Tepat di tengah rangkaian bendera tersebut, terpasang layar besar yang bisa ditonton untuk menyaksikan aksi para atlet yang sedang bertanding.

Layar besar di luar area venue PON XXI 2024 cabor e-sports, Medan International Convention Center, Kota Medan, Sumatera Utara./BILL CLINTEN Layar besar di luar area venue PON XXI 2024 cabor e-sports, Medan International Convention Center, Kota Medan, Sumatera Utara.

Adapun atlet e-sports yang bertanding akan duduk di bagian depan bawah bendera-bendera yang dihiasi maskot tadi. Tempat duduk para atlet dirancang sedemikian rupa supaya enak dilihat dari bangku penonton. 

Untuk bangku penonton dan para perwakilan kontingen sendiri terdapat di depan panggung utama, dan area ini diisi oleh sekitar ratusan kursi yang kompak berwarna putih. Tepat di atas area bangku penonton, terdapat lampu gantung megah yang seakan mendukung kemewahan venue PON XXI 2024 untuk cabor e-sports.

Baca juga: 7 Game Cabor E-sports di PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Ada 2 yang Baru

Area makanan dan minuman di venue PON XXI 2024 cabor e-sports, Medan International Convention Center, Kota Medan, Sumatera Utara./BILL CLINTEN Area makanan dan minuman di venue PON XXI 2024 cabor e-sports, Medan International Convention Center, Kota Medan, Sumatera Utara.

Di luar panggung utama, venue MICC juga dilengkapi dengan beberapa area lainnya, seperti area nonton bareng di bagian luar venue yang sudah dilengkapi layar besar, area makanan dan minuman, area promosi untuk para sponsor, dan lain sebagainya. 

Galeri foto tampilan venue PON XXI 2024 untuk cabor e-sports di MICC bisa dilihat di tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat