cpu-data.info

3 Cara Cek Versi Windows 32-bit atau 64-bit dengan Mudah dan Cepat

Cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan untuk memeriksa spesifikasi yang terdapat di laptop atau PC berbasis Windows. Salah satu panduan itu seperti cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit.

Untuk diketahui, sistem operasi Windows, baik Windows 10 maupun Windows 11 yang umum digunakan saat ini, tersedia dalam dua versi berdasar dalam arsitektur pemrosesan datanya, yakni Windows 32-bit dan Windows 64-bit.

Baca juga: 5 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows dengan Mudah dan Cepat

Istilah 32 bit atau 64 bit mengacu pada arsitektur untuk memproses data dalam satu waktu. Sistem operasi versi 32 bit dapat mengolah data pada bilangan yang panjangnya 32 bit sekaligus. Sementara itu, arsitektur 64 bit bisa mengolah data dalam 64 bit sekali waktu.

Lantaran lebih banyak data yang bisa diolah, sistem operasi 64-bit mampu menjalankan banyak aplikasi sekaligus yang berguna buat multitasking. Tiap laptop atau PC bisa terinstal Windows dengan versi bit yang berbeda dan pengguna perlu mengeceknya.

Cara melihat bit laptop Windows bakal berguna untuk berbagai keperluan seperti menginstal aplikasi. Tiap aplikasi umumnya memiliki beberapa syarat minimal spesifikasi agar bisa diinstal, termasuk spesifikasi dalam hal versi bit Windows.

Supaya bisa menginstal dengan lancar, pengguna perlu melihat versi bit dari Windows yang dijalankan di laptopnya. Dengan demikian, pengguna penting untuk mengetahui cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit.

Lantas, bagaimana cara melihat versi Windows 32-bit atau 64-bit di laptop atau PC? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara cek versi Windows versi berapa dengan mudah dan cepat.

Cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit

Cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit itu pada dasarnya cukup mudah. Dalam cara melihat bit laptop Windows, pengguna tak perlu repot-repot memakai aplikasi tambahan. Informasi versi bit Windows bisa dicek langsung dengan fitur bawaan.

Baca juga: 5 Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows dengan Mudah dan Praktis

Ada banyak cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit yang bisa dilakukan dengan mudah. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit adalah sebagai berikut:

1. Cara melihat bit laptop Windows lewat menu pengaturan

Cara melihat bit laptop Windows yang pertama adalah melalui menu Pengaturan atau Settings. Di menu ini, pengguna bakal bisa menemukan informasi versi bit Windows, apakah menggunakan 32 bit atau 64-bit. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik logo Windows atau menu Start, kemudian pilih menu Settings.
  • Setelah itu, pilih menu “System” dan klik opsi “About”.
  • Di bagian “System type”, pengguna bakal bisa melihat versi bit Windows. Jika tertera “64-bit operating system”, artinya laptop atau PC menggunakan Windows 64-bit. Jika tulisannya “32-bit operating system” maka laptop menggunakan Windows 32-bit.

Ilustrasi cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat menu pengaturan./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat menu pengaturan.

2. Cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat System Information

Kedua, cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit bisa dilakukan lewat System Information. Di System Information, pengguna bisa melihat informasi spesifikasi laptop atau PC Windows secara lengkap, termasuk versi bit yang dipakai. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Ketuk kolom pencarian yang terdapat pada menu Start di laptop Windows.
  • Kemudian, ketik System Information pada kolom tersebut.
  • Jika hasil pencarian telah muncul, pilih program System Information.
  • Setelah itu, di bagian “System type”, bakal tersaji informasi versi bit Windows.

Ilustrasi cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat System Information./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat System Information.

3. Cara melihat bit laptop Windows lewat Dxdiag

Cara melihat bit laptop Windows yang ketiga adalah melalui program Dxdiag. Program ini sejatinya berfungsi untuk mengumpulkan informasi tentang perangkat untuk mengatasi beberapa masalah.

Di Dxdiag, pengguna bisa melihat beberapa informasi spesifikasi yang diusung laptop, tak terkecuali informasi versi bit Windows. Adapun cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat Dxdiag adalah sebagai berikut:

  • Ketuk kolom pencarian yang terdapat pada menu Start di laptop Windows.
  • Kemudian, ketik Dxdiag pada kolom tersebut.
  • Jika hasil pencarian telah muncul, pilih program Dxdiag.
  • Setelah itu, di bagian “Operating system”, pengguna bakal bisa melihat informasi versi Windows dengan bit berapa.

Ilustrasi cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat Dxdiag./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit lewat Dxdiag.

Baca juga: 6 Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop dan Komputer Windows dengan Mudah

Cukup mudah bukan cara cek Windows versi berapa? Melalui beberapa cara di atas, pengguna bisa melihat sendiri laptop atau PC miliknya menggunakan versi Windows dengan 32-bit atau 64-bit.

Dengan begitu, pengguna dapat menyesuaikan syarat minimal versi sistem operasi Windows yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi. Demikianlah penjelasan cara cek versi Windows 32-bit atau 64-bit dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat