cpu-data.info

AI di TV Neo QLED 8K Samsung Bisa Atur Warna sesuai Jenis Tayangan

Samsung TV Neo QLED 8K 2024
Lihat Foto

JAKARTA, - Samsung resmi memperkenalkan smart TV Neo QLED 8K terbarunya di pasar Indonesia, Kamis (12/9/2024). Ketiganya mengusung seri QN

Ada tiga seri yang dirilis, yaitu Neo QLED 8K QN800D yang terdiri atas ukuran 65 inci dan 75 inci, dan QN900D dengan satu ukuran layar, 85 inci.

TV Samsung Neo QLED 8K mengunggulkan fitur berbasis teknologi artificial intelligence (AI/kecerdasan buatan). Salah satunya adalah AI Customization Mode yangdiklaim hadir pertama kali di Smart TV Samsung.

Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin mengatakan bahwa dengan fitur AI ini, pengguna tak perlu repot menyetel pengaturan warna genre tayangan.

Baca juga: Samsung Rilis TV Neo QLED 8K Baru di Indonesia dengan Fitur AI

“Televisi ini memberikan pilihan kepada konsumen untuk membuat set up (warna) di awal, sesuai dengan tayangan yang ditonton. Bisa untuk pengaturan film, news, dan genre kesukaan masing-masing,” ungkap Ubay dalam acara peluncuran yang berlangsung di Menteng, Jakarta Pusat.

Tampilan smart TV Samsung Neo QLED 8K yang sudah resmi dirilis Samsung ke Indonesia, Kamis (12/9/2024)/Caroline Saskia Tanoto Tampilan smart TV Samsung Neo QLED 8K yang sudah resmi dirilis Samsung ke Indonesia, Kamis (12/9/2024)

Ubay juga mengungkapkan cara kerja dari fitur ini tidak mentah-mentah menampilkan warna sesuai dengan setelah yang sudah diatur konsumen.

Warna yang sebelumnya sudah disetel tadi, akan di-adjust kembali oleh AI supaya warna yang ditampilan bisa tetap relevan dengan genre/jenis acara dan film yang ditonton.

“Ketika sudah diatur, televisi akan langsung mengenali konten/genre yang tampil dan menyesuaikan picture setting yang paling sesuai preferensi yang sudah diset sebelumnya,” ujar Ubay.

Sedikit informasi, empat elemen visual yang kerap dijadikan acuan adalah spektrum gambar, brightness sebagai tingkat kecerahan, kontras untuk menampilkan ketajaman warna, dan color temperatur untuk mengukur “suhu” dari gambar.

Baca juga: Samsung Rilis Odyssey OLED G8 G80SD di Indonesia, Monitor Gaming AI Pertama Seharga Rp 24 Juta

Umumnya, temperatur ini menyuguhkan dua opsi, warm (hangat, warna cenderung kuning) atau cold (dingin, warna cenderung biru).

“Yang dikontrol itu, (dari keempat elemen visual di atas), lewat AI Customization Mode, televisi nantinya dapat menganalisis konten yang tampil sesuai genre dan preferensi setting,” tambah Ubay.

Demo dari fitur AI Customization Mode yang bisa mengatur warna tayangan sesuai dengan film atau acara yang ditonton pengguna di Samsung Neo QLED 8K/Caroline Saskia Tanoto Demo dari fitur AI Customization Mode yang bisa mengatur warna tayangan sesuai dengan film atau acara yang ditonton pengguna di Samsung Neo QLED 8K

Dalam demo yang ditampilkan, ketika fitur kustomisasi AI tadi bekerja, pengguna masih dimungkinkan untuk mengatur beberapa elemen visual, seperti kontras, tingkat kecerahan, temperatur gambar, dan sebagainya.

Baca juga: TV Samsung Keluaran 2024 Kini Dilengkapi Fitur AI

Keleluasaan ini yang disorot sebagai nilai tambah. Selain memberikan kemudahan mengatur warna dari tayangan televisi, pengguna juga dapat melakukan penyesuaian kembali sesuai dengan selera atau kebutuhan.

Tidak hanya itu, Samsung Neo QLED 8K juga diklaim ramah lingkungan dan jumlah keluaran dayanya dapat dipantau langsung lewat aplikasi Smart Things. Misal, dalam kondisi tertentu dan AI sudah bisa membaca kebiasaan menonton penggunanya, cahaya televisi akan diredupkan sesuai kondisi ruangan.

Adapula pengecekan keluaran daya dan biaya listrik yang dikeluarkan juga bisa dipantau lewat laporan terperinci dari Smart Things. Dengan catatan, smart TV Samsung tadi harus dikoneksikan lebih dulu ke aplikasi Smart Things.

Samsung TV Neo QLED 8K sudah bisa dibeli langsung lewat toko resmi ataupun website resmi Samsung Indonesia. Ada tiga ukuran TV Neo QLED 8K Samsung yang baru dirilis, yaitu 65 inci, 75 inci, dan 85 inci.

Bila tertarik, Anda bisa mengecek spesifikasi lengkap smart TV anyar Samsung di artikel “Samsung Rilis TV Neo QLED 8K Baru di Indonesia dengan Fitur AI”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat