cpu-data.info

Samsung Rilis TV Neo QLED 8K Baru di Indonesia dengan Fitur AI

Samsung merilis seri TV Neo QLED 8K di pasar Indonesia pada Kamis (12/9/2024). Peluncuran diselenggarakan di Menteng, Jakarta Pusat.
Lihat Foto

 

JAKARTA, - Samsung merilis televisi pintar (smart TV) terbaru seri Neo QLED 8K pada Kamis (12/9/2024). Peluncuran diselenggarakan di Menteng, Jakarta Pusat.

Ada tiga seri yang dirilis, yaitu Neo QLED 8K QN800D yang terdiri atas ukuran 65 inci dan 75 inci, dan QN900D dengan satu ukuran layar, 85 inci.

Samsung TV Neo QLED 8K mengunggulkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) yang memungkinkan televisi menghadirkan sejumlah fitur, seperti AI Upscaling Pro, AI Sound, dan AI Optimization.

Fitur AI Upscaling Pro, misalnya, memiliki kemampuan mentransformasikan dan meningkatkan kualitas gambar hingga beresolusi 8K. Adapula AI Motion Enhancer Pro untuk meningkatkan ketajaman dan kontras dari objek yang tampil di televisi.

"Segala sesuatu sekarang sudah menggunakan dan butuh (teknologi) AI. Cara kita mengonsumsi televisi sudah berbeda. Televisi Samsung berbasis AI dimungkinkan juga karena chipsetnya yang sudah menggunakan NQ8 AI Gen 3 Processor," ungkap Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin.

Baca juga: TV Samsung Keluaran 2024 Kini Dilengkapi Fitur AI

Ubay juga mengatakan prosesor teranyar ini sudah mengalami peningkatan dibanding generasi sebelumnya. Misal, kinerja NPU 2x lebih cepat, memproses AI Neural 25x lebih mulus, CPU 2,2x lebih cepat dengan 30 persen kinerja GPU yang lebih baik.

Fitur AI yang dihadirkan tidak hanya berfokus pada visual gambar, tetapi juga mampu mengenali preferensi jenis tayangan yang ditampilkan televisi. Contohnya, fitur AI Customization Mode dan AI Auto Game Mode.

"Jadi, televisi ini sudah pintar karena bisa menyesuaikan tingkat keterangan dari ruangan. Bisa otomatis berubah ke warm atau cold sesuai kondisi", tambah Ubay.

Misal, saat nonton tayangan tertentu, warna televisi bisa berubah ke arah cold (dingin/warna cenderung biru) atau warm (hangat/warna cenderung kuning).

Sementara itu, untuk AI Auto Game, memungkinkan televisi mendeteksi jenis game yang dimainkan, apakah itu game role-playing game (RPG), real-time strategy (RTS), first person shooter (FPS), dan lainnya.

Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin yang tengah mempresentasikan fitur-fitur bertenaga AI di Samsung TV Neo QLED 8K 85 inci./Caroline Saskia. Head of Product, AV Business Samsung Electronics Indonesia Ubay Bayanudin yang tengah mempresentasikan fitur-fitur bertenaga AI di Samsung TV Neo QLED 8K 85 inci.

Televisi anyar ini pun mampu merekomendasikan tayangan dari layanan OTT (over-the-top) sesuai akun masing-masing yang terdaftar.

Maksimal hanya ada 10 slot akun yang bisa disimpan. Kemampuan ini pun cocok untuk konsumen yang ingin menonton televisi bersama anggota keluarga.

"Jadi, kalau ada anak-anak, akan direkomendasikan video/film kartun, sedangkan orang tua yang di rumah akan direkomendasikan film-film berdasarkan riwayat tontonan dari layanan OTT," ungkap pihak Samsung Indonesia dalam sesi tanya jawab bersama media.

Spesifikasi Samsung TV Neo QLED 8K

Samsung TV Neo QLED hadir dengan beberapa ukuran, yakni 85 inci, 75 inci, dan 65 inci.

Desain layarnya mengadopsi model datar (flat) yang dirancang dengan bodi tipis, disertai bezel layar yang juga tipis.

Baca juga: Melihat Desain dan Fitur TV Samsung Neo QLED 8K

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat