cpu-data.info

Dapat Pesan Spam atau Penipuan di WhatsApp? Begini Cara Mengatasinya

Cara memindahkan WhatsApp ke HP baru yang nomornya sudah tidak aktif.
Lihat Foto


- Kejahatan siber semakin merajalela di era digital ini, dan salah satu platform yang kini menjadi target utama adalah WhatsApp. Aplikasi pesan instan yang sangat populer ini tidak hanya mempermudah komunikasi sehari-hari, tetapi juga menjadi ladang subur bagi pelaku penipuan.

Salah satunya kejahatan siber yang sering terjadi adalah pengguna menerima pesan spam yang menjerumus pada penipuan. Tak jarang pesan-pesan spam tersebut mengandung berbagai link berbahaya.

Link-link ini sering kali disamarkan dalam bentuk tawaran menarik, berita terbaru, atau permintaan mendesak dari kontak yang dikenal.

Penipuan melalui link di WhatsApp umumnya melibatkan pengiriman tautan yang mengarahkan korban ke situs web palsu atau aplikasi berbahaya. Situs-situs ini dirancang untuk mencuri informasi pribadi seperti kata sandi atau nomor rekening bank, atau bahkan menginfeksi perangkat dengan malware.

Lantas apa yang bisa pengguna lakukan ketika mendapatkan pesan spam atau penipuan di WhatsApp? Selengkapnya berikut ini cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Anggota Grup WhatsApp Lagi?

Hapus pesan spam WhatsApp secara langsung

  • Tekan chat WhatsApp beberapa detik
  • Klik titik tiga di pojok kiri atas (iOS) dan pilih “Select Chats”. Anda juga bisa hold beberapa detik pesan tersebut
  • Selanjutnya klik “Delete” untuk menghapus seluruh chat

Block dan report akun WhatsApp

Anda sering menerima pesan spam atau berkedok lowongan pekerjaan? Hal ini sangat marak terjadi. Apabila Anda merasa sedang melamar pekerjaan di instansi tertentu, pengguna dihimbau melakukan kroscek terlebih dahulu pada laman resmi perusahaan.

Apabila Anda telah mengetahui bahwa nomor WhatsApp mencurigakan, maka Anda bisa melakukan blok dan report nomor WA tersebut. Begini caranya.

  • Buka chat WhatsApp yang mencurigakan
  • Pada bagian kolom chat klik “Block”
  • Anda juga bisa mengklik profil nomor WhatsApp tersebut
  • Setelah klik “Block” lanjutkan dengan klik “Report”

Dengan melakukan langkah ini kontak mencurigakan bisa jadi tidak bisa mengirim pesan kepada Anda lagi.

Penting untuk selalu berhati-hati dan tidak sembarangan mengklik link mencurigakan yang diterima melalui pesan di WhatsApp.

Link-link ini bisa mengarahkan Anda ke situs web palsu, aplikasi berbahaya, atau file dengan format seperti PDF yang mungkin mengandung malware.

Penipuan yang marak saat ini sering memanfaatkan teknik ini untuk mencuri data pribadi atau merusak perangkat Anda. Demikian beberapa cara mengatasi pesan spam di WhatsApp. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WA “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp Karena Spam” dan Penyebabnya

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat