cpu-data.info

Sudah Tersedia, Ini Cara Beli E-meterai Skill Academy dan Pasang di Dokumen CPNS 2024

Cara beli e-meterai di Skill Academy. E-meterai di Skill Academy sudah mulai tersedia pada hari ini Kamis (5/9/2024), sekitar pukul 15.50 WIB.
Lihat Foto

- Peserta seleksi CPNS 2024 saat ini sudah bisa mulai membeli e-meterai atau materai elektronik (bentuk baku: meterai elektronik) di Skill Academy, salah satu reseller e-meterai resmi.

Sejak sekitar Selasa kemarin (3/9/2024), Skill Academy mengalami gangguan layanan pembelian materai elektronik. Saat hendak membeli e-meterai elektronik, website Skill Academy hanya menampilkan status “Mohon maaf e-meterai sedang tidak tersedia”.

Baca juga: Sudah Bisa Dibuka, Ini Link Pembelian E-meterai dan Cara Pasang di Dokumen CPNS 2024

Namun, pada Kamis sore (5/9/2024), sekitar pukul 15.50 WIB, berdasarkan percobaan kami, layanan pembelian dan pembubuhan e-meterai Skill Academy telah tersedia. Dari percobaan itu, pembelian dan pembubuhan e-meterai Skill Academy berjalan tanpa kendala.

Jadi, pengguna atau peserta CPNS 2024 sekarang bisa mengakses Skill Academy buat membeli e-meterai. Untuk diketahui, dalam pendaftaran CPNS 2024, peserta wajib membubuhkan e-meterai di beberapa dokumen seperti surat lamaran dan surat pernyataan.

Lantas, bagaimana cara beli e-meterai di Skill Academy? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara beli e-meterai Skill Academy yang mulai tersedia saat ini.

Cara beli e-meterai di Skill Academy

Cara beli e-meterai di Skill Academy buat daftar CPNS 2024 itu sangat mudah. Peserta hanya perlu mengunjungi link pembelian e-meterai Skill Academy dan melakukan pembayaran pembelian sesuai jumlah keping materai elektronik yang dipilih.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara beli e-meterai di Skill Academy buat daftar CPNS 2024 adalah sebagai berikut:

  • Buka link pembelian e-meterai Skill Academy ini, #  Pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google.
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu “Beli e-meterai”.
  • Pilih jumlah keping e-meterai yang hendak dibeli sesuai kebutuhan.
    Ilustrasi cara beli e-meterai di Skill Academy./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara beli e-meterai di Skill Academy.
  • Setelah itu, lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran yang tersedia. Pembayaran bisa melalui QRIS.
  • Selesaikan pembayaran sesuai metode yang dipilih.
  • Jika pembayaran berhasil, kuoata e-meterai di akun Skill Academy akan bertambah.
  • Pengguna bisa mengecek kuota e-meterai miliknya di menu “e-Meterai saya”.

Setelah melakukan pembelian di Skill Academy, peserta sekarang bisa mulai menggunakan e-meterai di dokumen CPNS 2024. Lantas, bagaimana cara membubuhkan e-meterai pada dokumen pendaftaran CPNS 2024 di Skill Academy?

Baca juga: Cara Mengatasi Kuota E-meterai Tidak Bertambah Setelah Beli di meterai-elektronik.com, Jangan Panik

Cara membubuhkan e-meterai di Skill Academy

Cara pasang e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy itu cukup mudah. Pengguna tinggal mengunggah dokumen CPNS 2024 yang telah diisi dan ditandatangani ke website Skill Academy.

Kemudian, pengguna dapat memasang e-meterai ke dokumen itu dan mengunduhnya kembali. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membubuhkan materai elektronik pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy adalah sebagai berikut:

  • Setelah memiliki e-meterai di website Skill Academy, silakan pilih menu “e-Meterai saya” dan pilih menu “Pembubuhan”. Lalu, pilih pembubuhan “e-meterai”.
    Ilustrasi cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy.
  • Kemudian, isi formulir informasi dokumen, seperti kegunaan dokumen, nama, domisili, dan lainnya.
  • Setelah itu, klik opsi “Upload dokumen” dan unggah dokumen CPNS 2024 yang hendak dibubuhi e-meterai. Pastikan dokumen telah berformat PDF dan ukurannya tidak lebih dari 800 kb.
    Ilustrasi cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy.
  • Kemudian, bubuhkan e-meterai ke dokumen. Pastikan posisi e-meterai tidak menumpuk dengan tanda tangan atau objek lainnya.
  • Jika e-meterai telah dibubuhkan dengan benar, klik opsi “Lanjutkan”.
    Ilustrasi cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membubuhkan e-meterai pada dokumen CPNS 2024 di Skill Academy.
  • Selanjutnya, proses pemasangan e-meterai di dokumen akan berjalan. Jika sudah selesai, klik opsi “Download” buat mengunduh dokumen CPNS 2024 yang telah dibubuhi e-meterai.
  • Peserta dapat mengunggah dokumen yang telah dibubuhi e-meterai itu ke sscasn.bkn.go.id buat daftar CPNS 2024.

Itulah cara beli e-meterai di Skill Academy dan membubuhkannya di dokumen CPNS 2024. Jika mengalami kendala, pengguna bisa menghubungi Customer Care Skill Academy di nomor WhatsApp 081574510139.

Sebagai informasi, selain Skill Academy, layanan pembelian e-meterai resmi di sejumlah platform sempat mengalami gangguan dari Selasa kemarin (3/9/2024).

Website meterai-elektronik.com milik Peruri juga pada waktu itu tidak dapat diakses, lalu berangsur pulih pada hari ini, Kamis (5/9/2024). Kemudian, website Posfin dan Materai.id juga sama seperti Skill Academy yang sempat mengalami gangguan pembelian e-meterai.

Tampilan layanan pembelian e-meterai yang masih belum tersedia di website Posfin, pada hari Kamis (5/9/2024), sekitar pukul 16.00 WIB./Zulfikar Hardiansyah Tampilan layanan pembelian e-meterai yang masih belum tersedia di website Posfin, pada hari Kamis (5/9/2024), sekitar pukul 16.00 WIB.

 

Untuk Posfin dan Materai.id, sekitar pukul 16.00 WIB, masih belum menyediakan layanan pembelian e-meterai. Begitu pula dengan website meterai-elektronik.com yang hingga tulisan ini dibuat, belum bisa dipakai buat membeli e-meterai.

Tampilan layanan pembelian e-meterai yang masih belum tersedia di website meterai-elektronik.com, pada Kamis (5/9/2024), sekitar pukul 16.00 WIB../Zulfikar Hardiansyah Tampilan layanan pembelian e-meterai yang masih belum tersedia di website meterai-elektronik.com, pada Kamis (5/9/2024), sekitar pukul 16.00 WIB..

Pihak Peruri sempat memohon maaf dan menjelaskan jika gangguan layanan pembelian e-meterai ini terjadi karena tingginya traffic pengunjung. Lantaran terjadi gangguan, pendaftaran CPNS 2024 resmi diperpanjang.

Pendaftaran CPNS diperpanjang

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Instagram resminya mengumumkan jika pendaftaran CPNS 2024 diperpanjang hingga 10 September 2024, pukul 23.59 WIB. Sebelumnya, pendaftaran akan ditutup pada 6 September besok.

Perpanjangan diberikan lantaran layanan pembelian e-meterai mengalami gangguan, sehingga membuat para peserta tidak bisa mendaftar. Dengan perpanjangan ini, peserta diharapkan untuk mempersiapkan persyaratan dengan baik sebelum daftar.

“Untuk kelancaran proses pendaftaran, para pelamar #SeleksiCPNS2024 diminta tidak melakukan pendaftaran saat mendekati batas akhir waktu. Pelamar diminta untuk memanfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal,” tulis BKN melalui akun Instagram @BKNgoidofficial, Kamis (5/9/2024).

Baca juga: Cara Mengatasi Gagal Membubuhkan E-meterai karena meterai-elektronik.com Eror

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat