cpu-data.info

Cara Mengatasi Gagal Membubuhkan E-meterai karena meterai-elektronik.com Eror

Cara mengatasi gagal membubuhkan e-meterai karena website meterai-elektronik.com eror.
Lihat Foto

- Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 mewajibkan peserta buat menggunakan e-meterai atau materai elektronik (bentuk baku: meterai elektronik) di beberapa dokumen pendaftaran.

Dokumen pendaftaran CPNS 2024 yang wajib menggunakan materai elektronik meliputi surat lamaran, surat pernyataan, dan surat resmi lainnya yang diminta tiap instansi. Untuk penggunaan e-meterai ini, peserta dapat membeli dan membubuhkannya secara online.

Baca juga: 3 Cara Cek Keaslian E-meterai pada Dokumen CPNS 2024 dengan Mudah

Pemerintah dan Peruri menyediakan website meterai-elektronik.com buat membeli e-meterai dan membubuhkannya pada dokumen CPNS 2024. Akan tetapi, sejak sekitar Selasa kemarin (3/9/2024), website meterai-elektronik.com eror.

Berdasarkan pantauan kami, per hari ini, Rabu (4/9/2024), pukul 12.28 WB, website meterai-elektronik.com juga masih eror dan tidak bisa diakses sama sekali.

Dengan kondisi ini, e-meterai yang terlanjur dibeli di website tersebut bakal tidak bisa atau gagal dibubuhkan. Meski demikian, peserta yang gagal membubuhkan e-meterai karena website eror tak perlu khawatir.

Adapun cara mengatasi gagal membubuhkan e-meterai karena website meterai-elektronik.com eror adalah sebagai berikut.

Cara mengatasi gagal membubuhkan e-meterai karena website eror

Jika gagal membubuhkan e-meterai karena website eror, peserta dapat mengajukan pengembalian dana. Permohonan pengembalian dana pembelian e-meterai bisa disampaikan ke Contact Center Peruri dengan cara sebagai berikut:

  • Kirim e-mail ke cs.digital@peruri.co.id.
  • Tulis subjek e-mail dengan format seperti ini, “CASN-Pengajuan Pembatalan Pembelian meterai-elektronik.com” (tanpa tanda kutip).
  • Lampirkan beberapa informasi ini:
    • Nomor HP
    • Nama
    • Bukti Pembayaran
    • Sisa kuota saat ini
    • Nomor invoice yang dibatalkan
  • Pengembalian dana pembelian e-meterai di meterai-elektronik.com memiliki ketentuan sebagai berikut:
    • Pengajuan pengembalian dana maksimal 3 hari setelah pembayaran berhasil.
    • Pembatalan pembelian hanya bisa dilakukan untuk 1 invoice pembelian kuota secara utuh.
    • Tidak bisa dilakukan pembatalan pembelian hanya untuk beberapa keping e-meterai dalam invoice.
    • Permintaan pembatalan pembelian akan diproses maksimal 45 hari kalender.
    • Uang yang dikembalikan berjumlah 75% dari total pembayaran invoice pembelian.
    • Jika kuota pengguna tidak mencukupi untuk pembatalan pembelian maka pengajuan tidak akan diproses.

Peserta yang mengalami gagal membubuhkan e-meterai karena website eror dan ingin mengajukan pengembalian dana bisa bertanya lebih lanjut ke Contact Center resmi dari Peruri di nomor WhatsApp 081110675555.

Baca juga: Cara Menggunakan E-meterai pada Dokumen CPNS 2024 dan Ketentuannya

Lewat unggahan Story di akun Instagram resmi Peruri, pihak Peruri menyampaikan jika kendala pada website meterai-elektronik.com terjadi karena website sedang mengalami peningkatan traffic.

Selain meterai-elektronik.com, peserta sejatinya dapat membeli di beberapa platform reseller e-meterai seperti website Skill Academy, website Posfin, aplikasi Momofin, dan aplikasi Sobatmeterai, sebagaimana dijelaskan dalam postingan akun Instagram Peruri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Peruri Digital (@peruri.digital)

Akan tetapi, berdasarkan percobaan kami, semua platform tersebut saat ini tidak bisa diakses untuk membeli e-meterai. Saat mencoba membeli e-meterai di Skill Academy, website menampilkan peringatan “Mohon maaf e-meterai sedang tidak tersedia”.

Tampilan website Skill Academy yang saat ini tidak dapat dipakai untuk membeli e-meterai./Zulfikar Hardiansyah Tampilan website Skill Academy yang saat ini tidak dapat dipakai untuk membeli e-meterai.

Sementara itu, di aplikasi Momofin, saat hendak daftar akun dan membeli e-meterai, aplikasi sama sekali tidak merespons. Aplikasi tidak dapat memuat tampilan dan hanya muncul peringatan “Gagal: Maaf sistem tidak merespons”.

Tampilan aplikasi Momofin yang eror tidak bisa memuat tampilan saat hendak daftar akun dan beli e-meterai./Zulfikar Hardiansyah Tampilan aplikasi Momofin yang eror tidak bisa memuat tampilan saat hendak daftar akun dan beli e-meterai.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Webcam.js Error di sscasn.bkn.go.id saat Swafoto Daftar CPNS 2024

Selain lewat platform, Peruri juga menyebutkan jika pembelian e-meterai dapat dilakukan di kantor Pos Indonesia. Mengingat platform online banyak yang eror, kemungkinan besar pembelian e-meterai untuk saat ini bisa dilakukan di kantor Pos Indonesia.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat