cpu-data.info

10 Studio Game Indonesia Ikuti Gamescom 2024, Transaksi Ditaksir Rp 1,8 Triliun

Indonesia meraup potensi transaksi senilai 121,2 juta dollar Amerika Serikat atau setara Rp 1,8 triliun lewat pameran gim Gamescom 2024 yang dihelat di Cologne, Jerman pada 21-25 Agustus 2024.   Potensi transaksi ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 115,7 juta dollar AS atau setara Rp 1,7 triliun.
Lihat Foto

- Potensi transaksi game buatan Indonesia di pameran game internasional Gamescom 2024 yang digelar di kota Koln, Jerman pada 21-25 Agustus 2024 lalu mengalami peningkatan. 

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Mardyana Listyowati dalam sebuah pengumuman di blog resmi Kemendag.

Dalam pesta game tersebut, game buatan Indonesia yang dipamerkan lewat stan (booth) "Games from Indonesia" mencatatkan potensi transaksi mencapai 121,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,8 triliun.  

Sebelumnya, pada Gamescom 2023, potensi transaksi game Indonesia tercatat di angka 115,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Artinya, potensi transaksi game buatan Indonesia di ajang Gamescom 2024 meningkat 5,5 juta dolar AS (sekitar Rp 85,1 miliar) dibandingkan tahun sebelumnya. 

Baca juga: Game Online Sumbang 70 Persen Trafik Data Telkomsel, Terbanyak dari Mobile Legends

Kenaikan potensi transaksi ini, menurut Mardyana, membuktikan bahwa Indonesia siap untuk bersaing di industri game global dunia.

"Selain itu, kenaikan potensi transaksi di Gamescom 2024 ini menjadi bukti bahwa produk dan talenta Indonesia di sektor atau industri game semakin diminati di pasar global,” kata Mardyana, dikutip KompasTekno dari Kemendag.go.id, Rabu (4/9/2024). 

Mardyana tak menyebutkan game Indonesia apa saja yang berhasil menarik minat para peserta atau perusahaan dan penerbit game di Gamescom 2024.

Namun yang jelas, potensi transaksi mencapai Rp 1,8 triliun tersebut merupakan gabungan game yang dibuat dan dipromosikan oleh 10 wakil, alias delegasi Indonesia di Gamescom 2024. 

10 studio game lokal

Kesepuluh delegasi tersebut mencakup Gambir Studio, Glory Jam, Agate, PT Klapanom Bangkit Berkarya, Fat Racoon Games, Plexus Studio & Oray Studios, Gingersun Games, Niji Games, Frame Rats Digital, dan Berangin Creative.

Selain mempromosikan game masing-masing, perusahaan game yang menjadi wakil Indonesia di Gamescom 2024 ini juga dapat melakukan penjajakan bisnis (business matching) melalui akun Meet To Match-Platform Business Meeting & Matching (Gamescom.biz).

Baca juga: China Larang Game Online Kasih Hadiah ke Pemain

Aktivitas dan kerja sama bisnis juga bisa dilakukan melalui diskusi via jaringan personal, serta pertemuan bisnis langsung di booth dan di area yang disediakan, tanpa harus melakukan reservasi (walk-in meeting).

Di samping melakukan meeting, promosi game buatan Indonesia juga dilakukan melalui berbagai media kreatif, mulai dari video promosi, program game di media nasional, desain konten video dan media sosial masing-masing perusahaan game, dan lain sebagainya.

Pameran game internasional lainnya

Banner Tokyo Game Show 2019/Gito Yudha Pratomo Banner Tokyo Game Show 2019

Selain Gamescom 2024, Kemendag juga akan terus mendukung industri game Indonesia dengan cara mengirimkan sejumlah delegasi ke beberapa pameran game internasional lainnya, termasuk Gamescom 2025 yang akan digelar di kota yang sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat