cpu-data.info

Razer Rilis Wolverine V3 Pro, Controller E-sports untuk PC dan Xbox

Controller Razer Wolverine V3 Pro
Lihat Foto

- Pabrikan periferal gaming Razer kembali merilis aksesori baru untuk para gamer, kali ini berupa controller Wolverine V3 Pro yang bersifat wireless serta kompatibel dengan Xbox dan PC.

Wolverine V3 Pro sendiri diposisikan sebagai controller ideal untuk para gamer kompetitif dan profesional e-sports. Koneksi nirkabelnya dilakukan lewat dongle USB 2,4 GHz yang bisa ditancapkan ke konsol Xbox atau PC.

Controller ini juga bisa dihubungkan ke perangkat dengan kabel. Saat digunakan secara wired, Wolverine V3 Pro dapat mengaktifkan mode Tournament dengan polling rate mencapai 1.000 Hz.

Head of Console Gaming Razer Nick Bourne mengatakan Wolverine V3 Pro memggambarkan komitmen Razer terhadap atlet e-sports.

Tampak bawah Razer Wolverine V3 Pro, dengan empat tombol back paddle yang terbagi menjadi dua di handgrip kanan dan dua di handgrip kiriRazer Tampak bawah Razer Wolverine V3 Pro, dengan empat tombol back paddle yang terbagi menjadi dua di handgrip kanan dan dua di handgrip kiri
"Dengan insight dari para top player kompetitif, kami telah menciptakan controller dan memenuhi tuntutan gaming profesional," ujar Bourne dalam sebuah pernyataan di situs Razer.

Baca juga: Razer Rilis Headset Gaming Wireless Kraken V4 dengan Audio THX

Deretan pengendali di Wolverine V3 Pro termasuk d-pad free floating 8-arah, dua thumbstick dengan caps yang dapat diganti antara bentuk domed dan concave, action buttons, 4 buah back paddle dengan switch mouse Viper, 2 bumper claw grip, dan trigger dengan klik pendek atau full pull.

Seperti biasa, fungsi-fungsi controller bisa dikustomisasi lewat software Razer Controller App. Opsinya mencakup, antara lain, sensitivitas thumbstick, remap tombol, intensitas feedback haptic, dan pembuatan profil.

Wolverine V3 Pro yang memiliki grip berlapis karet juga dibekali dengan RGB lighting, tapi hanya di logo Razer saja yang bisa menyala.

Controller hall effect pertama Razer

Wolverine V3 Pro menjadi controller wireless pertama dari Razer untuk Xbox. Satu fitur lain yang juga hadir perdana adalah sensor hall effect sebagai teknologi anti-drifting untuk thumbstick, sekaligus memungkinan pembidikan lebih akurat.

Pabrikan-pabrikan seperti Sony, Xbox, dan Nintendo telah dikritik karena controller di konsol current-gen mereka masing-masing bisa mengalami stick drift, yakni pergerakan karakter game tanpa diinginkan biarpun thumbstick tidak disentuh.

Razer Wolverine V3 Pro memiliki thumbstick dengan sensor hall effect dan caps yang bisa diganti antara bentuk dome dan concaveRazer Razer Wolverine V3 Pro memiliki thumbstick dengan sensor hall effect dan caps yang bisa diganti antara bentuk dome dan concave

Sensor hall effect mengatasi masalah itu, namun para pabrikan konsol hingga kini masih belum merilis controller first party yang dibekali dengan teknologi tersebut.

Wolverine V3 Pro sendiri termasuk kategori controller premium dengan banderol 200 dollar AS atau sekitar Rp 3,1 juta. Di samping unit controller, pembelinya akan mendapatkan kabel USB C ke USB C sepanjang 3 meter, carrying case, dan sepasang thumbstick caps.

Baca juga: Razer Perkenalkan Kishi Ultra, Controller Game dengan Sensa HD Haptics

Razer juga berencana merilis versi berkabel dari controller ini yang dinamai Wolverine V3 Tournament Edition dengan harga lebih murah, yakni 100 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta.

Layout tombol dan komponen internal Wolverine V3 Tournament Edition akan sama dengan versi Pro, tapi tanpa fitur lighting RGB serta paket penjualannya tidak mencakup carrying case dan thumbstick tambahan.

Seperti dihimpun KompasTekno dari Engadget, Jumat (30/8/2024), Wolverine V3 Pro sudah tersedia di situs Razer, sementara Wolverine V3 Tournament Edition dijadwalkan menyusul pada "kuartal-III 2024" atau sekitar akhir September.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat