cpu-data.info

YouTube Rilis Fitur Courses, Youtuber Bisa Dapat Cuan dari Konten Edukasi

Fitur baru Youtube premium
Lihat Foto

- Platform streaming video milik Google, YouTube merilis fitur "Courses" atau kursus baru-baru ini.

Fitur ini memungkinkan kreator atau Youtuber membuat konten edukasi, seperti kursus bahasa Inggris, cara membuat bisnis, manajemen waktu, sains, dan sebagainya. Konten ini bisa disajikan dalam beberapa episode, lengkap dengan kuis dan diskusi.

Kursus ini bisa ditawarkan secara gratis atau dengan biaya satu kali. Menurut laman YouTube Help, konten kursus berbayar akan bebas iklan. Sementara konten kursus yang gratis mungkin masih menampilkan iklan.

Dengan begitu, fitur Courses ini juga menjadi sarana tambahan bagi kreator untuk memonetisasi konten dan keahlian mereka.

Baca juga: Sehari Dirilis, Kanal YouTube Cristiano Ronaldo Langsung Dapat Golden Play Button

Fitur ini awalnya diumukan pada 2022 silam dan diuji terbatas ke sekelompok kreator. Setelah dua tahun, fitur ini akhirnya dirilis ke lebih banyak kreator konten.

Kreator bisa mengecek ketersediaan fitur Courses ini lewat aplikasi YouTube Studio di desktop. Opsi "New Courses/Kursus Baru" akan tersedia di bawah menu "Create/Buat".

Seluruh konten edukasi yang dibuat dengan fitur Courses ini akan ditampilkan di berbagai tempat di YouTube. Mulai dari di Home feed (beranda), Watch Next (tonton berikutnya), hasil penelusuran, Daftar Putar kreator yang berpartisipasi.

Courses juga akan ditampilkan di tab khusus di halaman YouTube (di bawah tab Explore) dan bahkan mungkin ditampilkan di halaman Courses terpusat di YouTube, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidAuthority, Kamis (29/8/2024). Pantauan kami, fitur Courses ini belum muncul di situs YouTube di Indonesia.

Baca juga: Fitur Baru YouTube buat Pehobi Nonton Sebelum Tidur

Jika sudah tersedia, penonton akan bisa menonton konten edukasi dari kreator. Mereka akan melihat detail tentang durasi kursus dan informasi seberapa banyak kursus yang telah mereka selesaikan di halaman putar.

Saat pemirsa menyelesaikan semua video dalam kursus, mereka akan mendapatkan lencana khusus yang muncul di tab "You/Anda".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat