cpu-data.info

Bukti yang Membantah Teori MH370 Sengaja Didaratkan di Laut

B777 Malaysia Airlines registrasi 9M-MRO, yang hilang dalam penerbangan MH370 pada 8 Maret 2014.
Lihat Foto

- Seorang ilmuwan dari Tasmania, Vincent Lyne, menerbitkan jurnal yang berisi teori di mana lokasi pesawat Malaysia Airlines MH370 berada.

MH370 adalah penerbangan pesawat B777 Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Beijing, yang hilang di tengah penerbangannya pada 8 Maret 2014, dan hingga kini belum ditemukan.

Jurnal berjudul "Final Two Communications from MH370 Suggests Controlled Eastward Descent” itu dipublikasikan oleh Journal of Navigation setelah di-review selama dua tahun.

Dalam jurnal tersebut, teori Lyne menyimpulkan bahwa pilot MH370 dengan sengaja mendaratkan pesawat ke permukaan laut (controlled ditching) dan ditenggelamkan di wilayah yang bernama Broken Ridge.

Baca juga: Ilmuwan Klaim Temukan Pesawat MH370: Jatuh di Broken Ridge, Bukan Kecelakaan tapi Kesengajaan

Broken Ridge adalah dataran tinggi samudra di Samudra Hindia bagian tenggara. Broken Ridge pernah membentuk provinsi batuan beku besar bersama dengan Dataran Tinggi Kerguelen.

Ditching vs. crashed

Teori Broken Ridge yang diungkap Lyne ini menambah perdebatan tentang apakah MH370 mengalami ditching atau crashed.

Perlu dipahami, teori ditching melibatkan pesawat yang tidak mengalami kerusakan besar atau terbakar. Sementara teori crashed melibatkan pesawat yang hancur berkeping-keping setelah menghantam lautan, dan kemungkinan serpihannya terbakar.

Teori Lyne ini berlawanan dengan teori para ahli (termasuk ATSB yang melakukan penyelidikan resmi) selama ini, yang menyebut MH370 kehabisan bahan bakar, dan jatuh tak terkontrol hingga menghantam lautan dengan keras (crashed).

Untuk mengkritik teori Lyne, para ahli penerbangan merujuk pada analisis resmi seperti laporan Australian Transport Safety Bureau (ATSB) dan ICAO Malaysia, yang menyimpulkan bahwa penerbangan tersebut berakhir dengan penurunan yang tidak terkendali (uncontrolled descent).

Baca juga: Ini Bukti Malaysia Airlines MH370 Sengaja Hindari Radar

Teori ATSB dan ICAO Malaysia berdasar pada data satelit dan analisis dari puing-puing hanyut yang ditemukan.

Para kritikus berpendapat bahwa skenario pendaratan terkendali atau controlled ditched yang dikemukakan Lyne tidak memiliki bukti pendukung, berbeda dengan temuan yang mengindikasikan bahwa pesawat kehabisan bahan bakar dan jatuh.

Hingga kini, selain teori yang diajukan Vincent Lyne, belum ada bukti definitif yang menunjukkan bahwa MH370 sengaja didaratkan ke laut oleh sang pilot.

Serpihan pesawat B777 yang dipastikan adalah bagian dari Malaysia Airlines MH370.ATSB. Serpihan pesawat B777 yang dipastikan adalah bagian dari Malaysia Airlines MH370.
Namun, sudah ada bukti ilmiah dari analisis serpihan pesawat MH370 yang ditemukan, yang menunjukkan bahwa pesawat B777 yang membawa 227 penumpang itu menabrak permukaan laut dengan keras.

Serpihan/puing pertama yang signifikan, yaitu sebuah flaperon, ditemukan di Pulau Réunion pada tahun 2015. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa serpihan tersebut konsisten dengan tumbukan berkecepatan tinggi.

Posisi flaperon itu juga tidak dalam kondisi membuka/keluar, mengindikasikan bahwa pesawat tersebut tidak dalam konfigurasi sedang akan mendarat secara terkontrol/ditching.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat