cpu-data.info

Google Meet Kini Bisa Bikin Notula Rapat Otomatis dengan AI

Platform video telekonferensi, Google Meet merilis fitur baru bernama take notes for me. Fungsinya bisa bikin notulen rapat otomatis.
Lihat Foto

- Platform video telekonferensi, Google Meet, merilis fitur baru bernama "take notes for me" pada Selasa (27/8/2024).

Fitur yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Gemini bikinan Google ini pertama kali diumumkan oleh Google pada konferensi Cloud Next Agusuts 2023. Setelah setahun, fitur ini akhirnya dirilis ke pengguna.

Seperti namanya, fitur AI take notes for me ini bertugas untuk membuat notula atau catatan pertemuan/rapat.

Fitur ini mirip dengan tools transkripsi di Google Meet. Perbedaannya, fitur AI take notes for me hanya akan merangkum apa yang dibicarakan setiap orang, bukan mentranskripsikan apa yang dikatakan setiap peserta rapat.

Baca juga: 2 Cara Rekam Google Meet saat Rapat Tanpa Langganan Premium

Untuk saat ini, fitur take notes for me hanya tersedia saat menggunakan Google Meet di komputer atau laptop, dan rapat harus dilakukan dalam bahasa Inggris lisan.

Fitur baru ini diharapkan dapat membuat rapat lebih produktif dan efisien. Dengan mengotomatiskan pencatatan, peserta dapat lebih fokus pada diskusi dan kolaborasi

Namun, belum diketahui seberapa akurat hasil notula yang dibuat oleh fitur take notes for me di Google Meet ini. 

Saat diaktifkan, fitur ini bakal mencatat di Google Doc secara otomatis. Setelah rapat berakhir, penyelenggara rapat dan siapa pun yang mengaktifkan fitur tersebut akan menerima email berisi tautan ke dokumen catatan rapat yang dibuat. Google Saat diaktifkan, fitur ini bakal mencatat di Google Doc secara otomatis. Setelah rapat berakhir, penyelenggara rapat dan siapa pun yang mengaktifkan fitur tersebut akan menerima email berisi tautan ke dokumen catatan rapat yang dibuat.
Saat diaktifkan, fitur ini bakal mencatat di Google Doc secara otomatis. Setelah rapat berakhir, penyelenggara rapat dan siapa pun yang mengaktifkan fitur tersebut akan menerima e-mail berisi tautan ke dokumen catatan rapat yang dibuat.

Dokumen catatan tersebut juga akan dilampirkan ke acara kalender, tempat peserta rapat internal dapat mengaksesnya. 

Jika peserta telat ikut rapat, Google mengatakan, fitur barunya itu akan memberi ringkasan tentang apa yang dibahas sebelumnya. 

Baca juga: 5 Tools AI untuk Transkrip Video dan Audio Lebih Praktis

Di samping itu, jika peserta menggunakan tools rekaman dan transkrip Google Meet secara bersamaan, tautan ke file tersebut juga akan dimasukkan ke Google Doc yang sama dengan catatan rapat.

Fitur AI take notes for me ini mulai diluncurkan secara bertahap untuk pelanggan Google Workspace dengan add-on Gemini Enterprise, Gemini Education Premium, atau AI Meetings & Messaging.

Google berharap dapat menyelesaikan peluncuran untuk semua pelanggan Google Workspace dalam waktu 15 hari atau paling lambat 10 September 2024, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Google, Kamis (29/8/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat