cpu-data.info

Cara Menghapus Tweet Lama di X dengan Mudah dan Cepat

Ilustrasi logo X Twitter di smartphone Android
Lihat Foto

- Postingan atau tweet yang dibagikan di media sosial X (dulu Twitter) dapat merepresentasikan pribadi pengguna. Untuk itu, pengguna hendaknya perlu bijaksana dalam mengunggah tweet di X.

Akan tetapi, tiap pengguna bisa saja di masa lalu pernah membuat tweet yang dirasa kurang pantas, seperti ujaran kebencian, stereotype, dan lainnya. Jika tweet tersebut dibiarkan, reputasi baik pengguna di masa sekarang bisa berpotensi terganggu.

Baca juga: Hilang 6 Tahun, Emoji Pistol Sungguhan Muncul Lagi di X Twitter

Pengguna lain yang membaca tweet lama itu bakal bisa berpandangan negatif pada pengguna. Tweet lama yang kurang pantas bisa menjadi preseden buruk untuk reputasi pengguna di masa sekarang.

Pengguna yang ingin mencitrakan diri sebagai sesuatu di medsos X bisa saja tak tercapai karena keberadaan twit lama yang dianggap kurang pantas oleh sebagian orang di masa kini. Agar reputasi dan citra diri tetap baik, untungnya, pengguna bisa menghapus twit lama itu.

Lantas, bagaimana cara menghapus tweet lama di X? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus postingan di X yang sudah lama dengan mudah.

Cara menghapus tweet lama di X

Cara menghapus tweet lama di X itu pada dasarnya sangat mudah. X atau dulu Twitter menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna buat menghapus setiap cuitan yang pernah diunggahnya.

Baca juga: AI Grok Diperbarui, Bisa Bikin Gambar dari X-Twitter dan Bebas Tanpa Guardrail

Untuk menghapus twit yang sudah lama diunggah, pengguna tinggal mencarinya dulu. Setelah ketemu, pengguna bisa menghapusnya. Adapun langkah-langkah menghapus postingan di X yang sudah lama adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman profil X.
  • Setelah itu, klik tab "Posts".
  • Kemudian, cari tweet lama yang ingin dihapus. Untuk mencari, pengguna bisa menggulir ke bawah hingga tweet lama yang dimaksud ditemukan.
  • Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pencarian untuk mencari tweet lama. Caranya, klik ikon kaca pembesar dan kolom pencarian akan terbuka. Di kolom itu, ketik kata kunci yang sekiranya terdapat pada tweet lama yang hendak dihapus. X bakal menampilkan sejumlah tweet yang berkaitan dengan kunci pencarian.
    Ilustrasi cara menghapus tweet lama di X./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus tweet lama di X.
  • Setelah tweet lama ditemukan, pengguna bisa klik ikon titik tiga dan pilih opsi “Delete Post”.
  • Terakhir, klik opsi “Delete” untuk mengonfirmasi tindakan dan tweet lama berhasil dihapus dari linimasa.


Untuk diketahui, penghapusan tweet lama sangat bergantung dengan pencarian pengguna. Pengguna harus bisa menemukan tweet lama terlebih dahulu di linimasa akun X untuk selanjutnya bisa dihapus.

Selain cara di atas, pengguna juga bisa menemukan tweet lama untuk dihapus dengan mencarinya menggunakan pengaturan pencarian lanjutan berdasarkan rentang waktu. Pengaturan ini bakal mempermudah pencarian tweet lama.

Dengan pengaturan tersebut, X bisa langsung menampilkan tweet di rentang waktu tertentu. Jadi, pengguna perlu capek menggulir linimasa. Adapun cara menghapus tweet lama di X berdasar rentang waktu adalah sebagai berikut.

Cara menghapus tweet lama di X berdasar rentang waktu

  • Buka halaman profil X.
  • Buka kolom pencarian dan ketika kata kunci dengan format seperti ini:
    • since:YYYY (Tahun)-MM (Bulan)-DD(Tanggal) until: YYYY (Tahun)-MM (Bulan)-DD (Tanggal)
    • Misalnya, since:2015-01-01 until 2016-01-01
  • Setelah itu, X bakal menampilkan seluruh tweet pengguna di rentang waktu tersebut.
  • Di rentang waktu itu, pengguna dapat mencari tweet lama untuk dihapus.

Ilustrasi cara menghapus tweet lama di X berdasar rentang waktu./Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus tweet lama di X berdasar rentang waktu.

Untuk diketahui, X sejatinya tidak menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna menghapus semua tweet sekaligus. Selain lewat cara di atas, pengguna sejatinya bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus tweet-tweet di linimasa dengan cepat.

Beberapa contoh aplikasi pihak ketiga dengan layanan penghapusan tweet itu seperti Tweet Eraser, Tweet Deleter, dan lainnya. Akan tetapi, aplikasi-aplikasi tersebut umumnya tidak gratis, pengguna diminta berlangganan dulu supaya bisa mengakses fiturnya.

Cukup mudah bukan cara menghapus postingan di X yang sudah lama? Melalui cara di atas, pengguna dapat membersihkan linimasa akun X miliknya dari postingan atau tweet yang kurang pantas.

Baca juga: Segini Biaya yang Harus Dibayar Pengguna X Twitter Jika Mau Bebas Iklan

Alhasil, pengguna bisa menampilkan linimasa dengan postingan-postingan bijaksana untuk membangun citra atau reputasi diri yang lebih baik. Demikianlah penjelasan cara menghapus tweet lama di X dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link #. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat