cpu-data.info

Ketahuan Pakai Cheat, 65.000 Akun Gamer Diblokir dari "Call of Duty"

Call of Duty: Modern Warfare III
Lihat Foto

- Publisher game asal Amerika Serikat, Activision, memblokir (ban) lebih dari 65.000 pemain di game tembak-menembak Call of Duty: Warzone dan Call of Duty: Modern Warfare 3.

Pemblokiran 65.000 pemain ini terjadi setelah tim anti-cheat Call of Duty, Team Ricochet, melakukan penindakan vendor cheat. Ada dua jenis pemain yang akunnya diblokir, yakni pemain yang curang (cheater) dan pemain yang melakukan boosting.

Cheater adalah tindakan menggunakan metode tertentu, seperti program pihak ketiga (third party), untuk mendapatkan keunggulan tidak adil dalam game.

Sementara itu, boosting adalah praktik yang mana seseorang membayar atau meminta gamer yang lebih terampil alias "jago" untuk menggunakan akunnya. Contohnya untuk mendapatkan peringkat (rank) lebih tinggi di game yang dimainkan.

Angka pemblokiran ini meningkat sejak beberapa tahun ke belakang. Pada 2020, Activision memblokir sekitar 50.000 akun yang terdeteksi curang. Kemudian pada 2021, ada sebanyak 60.000 akun yang diblokir.

Baca juga: Activision Umbar Jadwal Peluncuran Game Call of Duty Black Ops 6

Team Ricochet tidak menjelaskan jenis cheat apa yang digunakan pemain di kedua game Call of Duty itu, tetapi ada kemungkinan wallhack menjadi salah satunya.

Wallhack sendiri memungkinkan pemain untuk melihat semua lokasi musuh dalam game, sehingga pemain tidak perlu memprediksi dari mana arah musuh datang.

Namun yang jelas, kini papan peringkat (leaderboard) mode kompetitif Ranked Play di Call of Duty: Warzone dan Modern Warfare 3, sudah dibersihkan dari ribuan pemain curang tersebut.

Dengan begitu, papan peringkat terbaru ini lebih tepat merepresentasikan tingkat kemampuan (skill) pemain Call of Duty.

"Tim anti-cheat (Call of Duty), Ricochet, telah membersihkan papan peringkat Ranked Play di Call of Duty: Warzone dan Modern Warfare 3, memblokir akun yang melakukan kecurangan dan boosting," tulis akun resmi Call of Duty Updates di media sosial X (dahulu Twitter).

"Tim Ricochet telah mempercepat penindakan vendor cheat yang mengakibatkan lebih dari 65.000 pemblokiran akun, di seluruh mode Ranked Play dan non-Ranked di Warzone dan Modern Warfare 3 pada pekan ini," lanjutnya.

Team Ricochet juga memastikan akan terus memantau dan menindak siapa pun yang melakukan kecurangan atau boosting di semua mode Call of Duty.

Masih sedikit

Menurut pantauan KompasTekno di situs basis data untuk platform Steam, SteamDB, Selasa (6/8/2024), Call of Duty saat ini sedang dimainkan 61.202 pengguna, sedangkan jumlah pemainnya adalah 100.784 dalam 24 jam terakhir.

Baca juga: Microsoft PHK 1.900 Karyawan di Bisnis Game, Termasuk Activision Blizzard

Angka ini hanya mencakup pemain di komputer (PC) dan platform Steam. Artinya, jumlah gamer ini bisa lebih banyak lagi apabila menghitung data di layanan PC Game Pass, konsol PlayStation, dan Xbox.

Jumlah cheater-nya pun juga kemungkinan lebih banyak. Dengan kata lain, angka 65.000 tadi masih bisa dibilang sedikit dibandingkan jumlah cheater yang ada di semua platform. Setidaknya seperti itulah yang disampaikan oleh sejumlah gamer Call of Duty.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat