cpu-data.info

15 Juta Orang Kehilangan Password gara-gara Google Chrome

Ilustrasi Google Chrome di Laptop
Lihat Foto

- Sekitar 15 juta pengguna peramban (browser) internet Chrome di platform Windows terkena sial pada Rabu (24/7/2024) waktu Amerika Serikat (AS) lalu. 

Pasalnya, mereka tidak bisa masuk (login) dengan kata sandi (password) yang mereka simpan melalui fitur pengelola kata sandi (Password Manager) di browser milik Google itu.

Fitur ini sederhananya akan menyimpan seluruh kata sandi akun-akun seorang pengguna di internet, sehingga mereka tak perlu repot-repot mengingatn dan mengetiknya. Jika terkena masalah (bug/glitch), maka fitur ini tentunya tidak bisa bekerja sesuai fungsinya.

Nah, masalah ini disampaikan Google dalam sebuah dokumen pemberitahuan status Chrome yang diperbarui pada Jumat (26/7/2024) waktu setempat AS.

Baca juga: Jangan Asal Update Google Chrome, Saldo Tabungan Bisa Hilang

Di dalam dokumen itu, disebutkan bahwa masalah ini disebabkan oleh glitch alias kendala dalam perubahan konfigurasi fitur Password Manager di Chrome Windows.

Google mengatakan jumlah pengguna yang terdampak perubahan konfigurasi ini berkisar di angka 25 persen dari total pengguna Chrome di seluruh dunia. Adapun jumlah pengguna yang mengalami masalah fitur Password Manager berkisar 2 persen dari basis pengguna 25 persen tersebut.

Berdasarkan data Backlinko per Maret 2024, jumlah pengguna Chrome di seluruh dunia mencapai sekitar 3 miliar.

Artinya, 25 persen dari total pengguna tersebut adalah sekitar 750 juta, dan 2 persen dari 750 juta adalah 15 juta. Dari sinilah angka 15 juta pengguna yang terdampak masalah Password Manager Chrome tadi didapat.

ilustrasi Google Chrome9to5Mac ilustrasi Google Chrome

Menurut Google, masalah yang melibatkan Password Manager di Chrome ini menjangkit belasan juta pengguna yang memakai Chrome Windows versi M127.

Google minta maaf

Google menyebut masalah ini terjadi sekitar nyaris 18 jam dan berhasil diperbaiki di hari berikutnya, alias pada Kamis (25/7/2024). Artinya, per hari tersebut, 15 juta pengguna Chrome di Windows tadi sudah bisa memakai fitur Password Manager seperti sediakala.

Baca juga: 10 Miliar Password Bocor, Terbesar dalam Sejarah

Pengguna yang belum bisa memakai fitur Password Manager di Chrome bisa menutup dan membuka kembali (restart) browser tersebut.

Apabila fitur pengingat kata sandi ini masih belum bisa digunakan, maka pengguna dianjurkan untuk menghubungi layanan Google Workspace Support di tautan berikut ini.

"Kami meminta maaf atas masalah yang dialami pengguna di Chrome Windows," kata Google, dikutip KompasTekno dari Google.com, Senin (29/7/2024).

"Saat ini, para teknisi kami sudah menggelontorkan perbaikan di fitur Password Manager pada browser kami, dan pengguna dianjurkan untuk me-restart Chrome mereka supaya perbaikan ini bisa diterapkan di browser Chrome mereka," pungkas Google.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat