cpu-data.info

HP Nubia Z60 Ultra Leading Version dan Z60S Pro Meluncur dengan Chip Siap Overclock

Nubia Z60 Ultra Leading Version
Lihat Foto

- Nubia, sub-merek dari ZTE, kembali merilis smartphone dari lini Z60 series. Dua model terbaru yang dirilis pada Selasa (24/7/2024) meliputi Nubia Z60 Ultra Leading Version dan Nubia Z60S Pro.

Kedua smartphone itu melengkapi ponsel Z60 Ultra yang diluncurkan Nubia pada Desember 2023.

Nubia Z60 Ultra Leading Version memiliki spesifikasi yang cukup mirip dengan model Ultra. Namun Nubia, memberikan sejumlah peningkatan, termasuk chipset dengan CPU yang di-overclock, kamera utama dengan sensor yang lebih mumpuni, hingga algoritma kamera depan baru agar hasil selfie lebih jernih.

Adapun Z60S Pro merupakan suksesor dari Nubia Z50S Pro yang rilis tahun lalu. Kendati demikian, spesifikasinya masih cukup mirip dengan pendahulunya.

Sedikit peningkatannya yaitu pada aspek kamera utama yang kini memakai sensor berukuran lebih besar hingga penambahan fitur berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Baca juga: HP ZTE Nubia Neo 2 Pakai Chipset Lama tapi Fitur Naik Kelas

Spesifikasi Nubia Z60 Ultra Leading Version

Seperti model Ultra, Nubia Z60 Ultra Leading Version juga ditenagai System on Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3. Namun, chip-nya di-overclock sehingga CPU-nya menjadi 3,4 GHz naik dari 3,3 GHz. Kecepatan GPU-nya juga sampai 1 GHz.

Menurut Nubia, peningkatan pada chip tersebut akan membantu Z60 Ultra Leading Version menjalankan perintah berbasis AI dan model AI di perangkat sampai 10 miliar parameter.

Chip itu dipadukan dengan RAM sampai 16 GB dan penyimpanan (storage) sampai 1 TB.

Desain Nubia Z60 Ultra Leading Version juga mirip dengan versi Ultra, termasuk modul kameranya yang dibuat kembar. Hanya saja, desain penampangnya dibuat berbeda, dengan motif garis dan marmer. Sementara model Ultra didesain polos.

Nubia Z60 Ultra Leading VersionNubia Nubia Z60 Ultra Leading Version

Tampilan depannya bisa dibilang kembar karena Z60 Ultra Leading Version juga mengusung kamera depan di dalam layar. Jadi tampilannya terlihat seperti layar sepenuhnya.

Smartphone ini dibekali layar AMOLED 6,8 inci, resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz. Kamera depannya yang ditanam di dalam layar, memiliki resolusi 12 MP disertai algoritma baru NeoVision AI Photography System 2.0, untuk membuat hasil selfie jadi lebih jernih.

Resolusi kamera belakangnya persis seperti "saudaranya", terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 50 MP dan kamera telefoto 64 MP.

Hanya saja, sensor kamera utama Z60 Ultra Leading Version memakai Sony IMX906 berukuran 1/1.56 inci. Sementara model Ultra memakai sensor IMX800 1/1.49 inci untuk kamera utamanya.

Nubia juga meningkatkan aperture kamera ultrawide Z60 Ultra Leading Version hingga menambahkan AI untuk kamera telefoto ponsel.

Pada aspek daya, smartphone ini ditopang bagaterai berkapasitas 6.000 mAh. Pengisian ulangnya didukung fast charging 80 watt.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat