cpu-data.info

Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis-jenisnya

Ilustrasi sistem operasi komputer. Pengertian sistem operasi komputer adalah perangkat lunak untuk mengelola semua sumber daya komputer.
Lihat Foto

- Terdapat beberapa hal dasar yang perlu diketahui pengguna saat mempelajari tentang pengoperasian komputer. Contohnya, seperti pengertian sistem operasi komputer, fungsi, cara kerja, dan jenis-jenisnya.

Sebagaimana cukup umum diketahui, sistem operasi menjadi bagian penting dalam komputer. Tiap komputer selalu membutuhkan sistem operasi agar bisa menyelesaikan berbagai perintah.

Baca juga: Macam-macam Komponen Penyusun Komputer, Jenis, dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Tanpa sistem operasi, komputer tidak akan bisa melakukan pemrosesan perintah sesuai keinginan pengguna. Lantaran menjadi bagian penting, saat mempelajari komputer, pengguna perlu memahami juga bagian sistem operasi.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap pengertian sistem operasi komputer, fungsi, cara kerja, dan jenis-jenisnya. Lantas, pertama-tama, sebenarnya apa itu sistem operasi komputer?

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai apa itu sistem operasi komputer.

Apa itu sistem operasi komputer?

Sistem operasi komputer dapat dikategorikan sebagai sebuah perangkat lunak atau program. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas utama untuk mengelola semua sumber daya komputer.

Setelah perangkat nyala dan sistem operasi dimuat, sistem operasi akan bertugas untuk mengelola semua sumber daya komputer seperti aplikasi dan perangkat keras. Sistem operasi bertindak sebagai antarmuka antara pengguna dengan perangkat komputer.

Pengguna bisa berinteraksi atau mengoperasikan komputer berkat keberadaan sistem operasi. Sistem operasi menerima input atau perintah yang dimasukkan pengguna di aplikasi atau software dan menerjemahkannya.

Setelah itu, sistem operasi akan meneruskannya ke hardware agar diproses sesuai perintah dan menghasilkan output yang dikehendaki pengguna. Sistem operasi adalah seperangkat program khusus yang terintegrasi penuh yang menangani semua operasi komputer.

Sistem operasi komputer bertugas untuk mengontrol dan memantau pelaksanaan semua program lain yang ada di komputer, yang juga mencakup program aplikasi dan perangkat lunak sistem lainnya pada komputer.

Tanpa sistem operasi, komputer tidak akan bisa bekerja. Itulah penjelasan seputar pengertian sistem operasi komputer. Lantas, apa fungsi sistem operasi komputer? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai fungsi sistem operasi komputer.

Fungsi sistem operasi komputer

Beberapa fungsi sistem operasi komputer sejatinya telah disebut pada pemaparan pengertian di atas. Adapun fungsi sistem operasi komputer yang utama adalah untuk mengelola semua sumber daya yang terdapat pada komputer.

Namun, terdapat beberapa fungsi sistem operasi komputer yang lain, yang dapat menunjang pengoperasian komputer. Dikutip dari Geeks for Geeks, adapun beberapa fungsi sistem operasi komputer yang lebih detail adalah sebagai berikut:

  • Manajemen sumber daya: Sistem operasi berfungsi untuk mengelola dan mengalokasikan memori, waktu CPU, dan sumber daya perangkat keras lainnya di antara berbagai program dan proses yang berjalan di komputer.
  • Manajemen proses: Sistem operasi bertanggung jawab untuk memulai, menghentikan, dan mengelola proses dan program. Sistem operasi juga mengontrol penjadwalan proses dan mengalokasikan sumber daya ke dalamnya.
  • Manajemen memori: Sistem operasi berfungsi untuk mengelola memori utama komputer dan menyediakan mekanisme untuk mengoptimalkan penggunaan memori.
  • Keamanan: Sistem operasi menyediakan sistem keamanan pada pengguna, aplikasi, dan data, dengan menerapkan mekanisme keamanan seperti kontrol akses dan enkripsi.
  • Manajemen file: Sistem operasi bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola sistem file, termasuk membuat dan mengelola file
  • Manajemen perangkat: Sistem operasi berfungsi untuk mengelola perangkat input/output seperti printer, keyboard, mouse, dan layar. Sistem operasi juga menyediakan driver dan antarmuka yang diperlukan untuk memungkinkan komunikasi antara perangkat dan komputer.
  • Manajemen jaringan: Sistem operasi menyediakan kemampuan jaringan seperti membuat dan mengelola koneksi jaringan, menangani protokol jaringan, dan berbagi sumber daya melalui jaringan.
  • Antarmuka pengguna: Sistem operasi menyediakan antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem komputer. Antarmuka ini bisa berupa Graphical User Interface (GUI), Command-Line Interface (CLI) , atau kombinasi keduanya.

Itulah penjelasan mengenai beberapa fungsi sistem operasi komputer. Untuk menjalankan fungsi-fungsi itu, sistem operasi komputer memiliki cara kerja tersendiri. Lantas, bagaimana cara kerja sistem operasi komputer?

Baca juga: Komponen Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Cara kerja sistem operasi komputer

Cara kerja sistem operasi komputer secara umum bisa dilihat dari proses bagaimana program ini menjalankan fungsinya. Seperti yang sempat disebutkan di atas, sistem operasi komputer berfungsi untuk mengelola semua sumber daya komputer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat