cpu-data.info

Aplikasi ChatGPT di MacOS Kini Bisa Di-download Gratis oleh Semua

Ilustrasi ChatGPT
Lihat Foto

- OpenAI meluncurkan aplikasi desktop ChatGPT pertamanya untuk perangkat macOS pada pertengahan Mei 2024.

Awalnya, aplikasi ini hanya bisa diunduh (download) oleh pengguna berbayar (yang berlangganan ChatGPT Plus).

Namun, mulai Selasa (25/6/2024), OpenAI mengatakan bahwa aplikasi ChatGPT untuk macOS kini tersedia untuk semua orang, termasuk pengguna gratis.

Baca juga: Daftar Mac, iMac, dan MacBook yang Kebagian MacOS Sequoia

Pantauan KompasTekno, Rabu (26/6/2024), pengguna macOS yang kompatibel bisa mengisntal aplikasi desktop ChatGPT ini lewat URL openai.com/chatgpt/mac atau melalui link berikut ini.

OpenAI meluncurkan aplikasi desktop ChatGPT untuk macOS ke seluruh pengguna, baik pengguna gratis maupun yang berlangganan ChatGPT Plus.9to5Mac OpenAI meluncurkan aplikasi desktop ChatGPT untuk macOS ke seluruh pengguna, baik pengguna gratis maupun yang berlangganan ChatGPT Plus.
Di laman Help Center, OpenAI merinci bahwa aplikasi ChatGPT untuk macOS ini bisa berjalan di perangkat pengguna yang menjalankan sistem operasi macOS 14 (Sonoma) dan menggunakan prosesor Apple Silicon M1 atau yang lebih baru.

Sebelum ada aplikasi desktop ChatGPT, pengguna harus membuka browser di perangkat macOS, kemudian pergi ke situs openai.chatgpt.com untuk bisa berinteraksi dengan chatbot.

Tawarkan akses cepat dan terintegrasi

OpenAI mengatakan, aplikasi ChatGPT untuk macOS dirancang untuk menghadirkan pengalaman "terintegrasi dengan mulus ke dalam apa pun yang Anda lakukan di komputer".

Aplikasi desktop ChatGPT untuk macOS ini menawarkan dukungan akses cepat ke chatbotAI bikinan OpenAI ini.

Tampilan launcher untuk aplikasi desktop ChatGPT untuk macOS.YouTube/MacRumors Tampilan launcher untuk aplikasi desktop ChatGPT untuk macOS.
Pengguna cukup menekan pintasan keyboard sederhana "Option" + "Space" untuk menampilkan launcher ChatGPT berupa jendela pertanyaan mini, seperti gambar di atas.

Di sini, pengguna bisa melampirkan hal-hal seperti file, foto, dan tangkapan layar ke pesan dengan cara menyeretnya (drag) ke jendela pertanyaan mini. Selanjutnya, pengguna tinggal mengajukan atau memberi perintah ChatGPT menggunakan materi tersebut.

Baca juga: ChatGPT Terkenal, tapi Ternyata Jarang Dipakai

Setelah selesai mengajukan pertanyaan/perintah dan klik enter, pengguna akan dibawa ke aplikasi desktop ChatGPT untuk macOS secara otomatis dan melihat tampilan ChatGPT seperti di situs openai.chatgpt.com.

Pengguna juga dapat mengakses fitur Mode Suara untuk berinteraksi dengan ChatGPT menggunakan suara. OpenAI mengatakan versi baru Mode Suara dengan kemampuan model bahasa AI (large language model/LLM) terbaru GPT-4o ("o" untuk "omni") akan tersedia di Mac dalam beberapa minggu mendatang.

Hingga saat ini, OpenAI telah meluncurkan aplikasi mobile ChatGPT untuk iOS dan Android, serta aplikasi desktop ChatGPT untuk macOS.

Pengguna Windows masih harus bersabar untuk mendapatkan aplikasi desktop ChatGPT-nya sendiri.

Pasalnya, menurut OpenAI, aplikasi desktop ChatGPT untuk Windows baru akan hadir akhir tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Help Center OpenAI, Rabu (26/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat