cpu-data.info

Macam-macam Perangkat Jaringan Komputer beserta Pengertian dan Fungsinya

Macam-macam perangkat jaringan komputer.
Lihat Foto

- Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa hal dasar mengenai jaringan komputer, terutama ketika tengah mempelajarinya. Salah satu hal dasar itu seperti macam-macam perangkat jaringan komputer.

Macam-macam perangkat jaringan komputer itu perlu diketahui. Sebab, pengetahuan atas macam-macam perangkat jaringan komputer bakal memudahkan pengguna untuk mengetahui perangkat-perangkat apa saja yang biasa digunakan dalam jaringan komputer.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Lantaran bakal berguna, lantas apa saja jenis perangkat jaringan komputer? Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap macam-macam perangkat jaringan komputer dan fungsinya.

Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai macam-macam perangkat jaringan komputer dan fungsinya.

Apa itu jaringan komputer?

Sebelum mengetahui jenis-jenis perangkat jaringan komputer, ada baiknya mengingat kembali pengertian jaringan komputer. Sebab, ada beberapa pemahaman dari pengertian jaringan komputer yang berkaitan dengan penjelasan jenis-jenis perangkatnya nanti.

Lantas, apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer adalah sistem yang dapat menghubungkan beberapa komputer (node) dalam satu jaringan agar dapat berkomunikasi, berbagi sumber daya, dan transfer data.

Adapun fungsi jaringan komputer yang paling sederhana adalah memudahkan membagi beban kerja perangkat untuk menjalankan sebuah program. Selain itu, fungsi jaringan komputer yang berikutnya adalah menghemat sumber daya.

Misalnya, dengan jaringan komputer, beberapa komputer bisa melakukan cetak dokumen atau print lewat satu perangkat printer yang sama. Jadi, pengguna tak perlu memasang printer di tiap komputer, sehingga dapat menghemat sumber daya.

Untuk membuat beberapa komputer atau node bisa saling berkomunikasi, jaringan komputer tersusun dari beberapa perangkat. Lantas, apa itu perangkat jaringan komputer? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pengertian perangkat jaringan komputer.

Pengertian perangkat jaringan komputer

Perangkat jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang bekerja untuk membuat jaringan komputer dapat beroperasi. Ada banyak macam perangkat yang digunakan untuk menyusun jaringan komputer.

Macam-macam perangkat jaringan komputer antara lain, seperti server, NIC, kabel jaringan, router, dan masih banyak lagi. Tiap perangkat jaringan komputer itu memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi dapat bekerja secara harmonis.

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai macam-macam perangkat jaringan komputer dan fungsinya adalah sebagai berikut.

Macam-macam perangkat jaringan komputer dan fungsinya

1. Komputer Server

Ilustrasi perangkat komputer Server.pixabay.com Ilustrasi perangkat komputer Server.

Perangkat jaringan komputer yang pertama adalah komputer Server. Fungsi komputer Server adalah sebagai tempat penyimpanan atau database informasi dan mengelola sumber daya jaringan untuk nanti dibagikan ke komputer Client.

Baca juga: 8 Jenis Perangkat Lunak Jaringan Komputer, serta Pengertian dan Contohnya

2. Komputer Client

Dalam hubungan yang terbentuk dalam jaringan komputer, terdapat pula infrastruktur komputer Client. Fungsi komputer Client adalah menerima dan mengeksekusi sumber daya yang dibagikan oleh komputer Server. Sumber daya itu misalnya akses ke perangkat printer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat