cpu-data.info

Target ZTE Masuk 5 Besar Vendor Ponsel Indonesia 2029

ZTE meluncurkan ponsel gaming entry-level Nubia Neo 2 5G di Indonesia, Kamis (13/6/2024).
Lihat Foto

JAKARTA, - Vendor smartphone asal China, ZTE terhitung baru dua tahun "comeback" ke pasar ponsel Indonesia, setelah sempat absen dalam beberapa tahun terakhir.

Saat comeback pada 2022, ZTE meluncurkan tiga smartphone sekaligus. Ketiga smartphone itu adalah ZTE Blade V40 Vita, ZTE Blade A72, dan ZTE Blade A52.

Sejak saat itu, ZTE mulai rajin merilis smartphone di Tanah Air. Yang paling baru pada Juni 2024 ini, ZTE merilis ponsel gaming entry-level Nubia Neo 2 5G seharga Rp 3 juta (8/256 GB).

"Kami berharap dengan adanya Nubia Neo 5G dan beberapa series Nubia lainnya bisa membantu kami untuk terus menjadi pesaing ke Top 5 vendor di pasar smartphone Indonesia dalam 3-5 tahun ke depan, " kata Faiz Naufal, Business Manager ZTE Mobile Device kepada KompasTekno, di acara peluncuran Nubia Neo 2 5G di Jakarta Selatan, Kamis (13/5/2024).

Ini artinya, ZTE masuk dalam kelompok lima besar vendor HP di Indonesia pada 2029 nanti.

"Namanya target harus tinggi, ya," lanjut Faiz.

Saat ini, kata Faiz, ZTE masih masuk dalam kategori "others" (lainnya) dalam laporan firma riset soal pasar smartphone di Indonesia. Faiz memperkirakan pangsa pasar ponsel ZTE di Indonesia setidaknya sekitar 1 persen.

Baca juga: HP ZTE Nubia Neo 2 Pakai Chipset Lama tapi Fitur Naik Kelas

"Selama dua tahun ini, kami mendatangkan produk baru ke Indonesia. Kami mencatat ada 100.000 unit ponsel ZTE sudah terjual di Indonesia dengan perkiraan market share setidaknya 1 persen," kata Faiz.

Smartphone ZTE Blade V40 Vita resmi meluncur di Indonesia./Kevin Rizky Pratama Smartphone ZTE Blade V40 Vita resmi meluncur di Indonesia.
Faiz merinci, ZTE Blade menjadi seri yang paling laris karena menawarkan perangkat dengan harga yang relatif murah.

"Dari mulai ZTE Blade A52, V40 Vita, A72, V40s, A53, A54, V50 itu menjadi produk utama kami. Seri ini berkontribusi 80-85 persen terhadap penjualan kami menurut data internal," kata Faiz.

Dua HP Nubia baru

Faiz mengungkapkan, hingga akhir 2024, ZTE berencana membawa dua smartphone seri Nubia baru ke pasar Indonesia. Pertama, smartphone ZTE Nubia Music. Ponsel ini sudah dipamerkan di ajang Mobile World Congress 2024 di Barcelona pada Februari lalu.

Salah satu fitur paling mencolok di Nubia Music adalah adanya speaker besar yang membulat di punggung ponsel, tepat di sebelah kanan modul kamera.

Baca juga: ZTE Pamer Nubia Music, Ponsel Musik dengan Speaker Besar dan Dua Jack Audio

Sepengalaman jurnalis KompasTekno, Bill Clinten, yang meliput langsung gelaran MWC 2024 di Barcelona, suara yang dikeluarkan speaker ini memang terdengar jauh lebih keras dari smartphone pada umumnya.

Ilustrasi tampilan belakang ponsel ZTE Nubia Music yang dipamerkan di MWC 2024 Barcelona./BILL CLINTEN Ilustrasi tampilan belakang ponsel ZTE Nubia Music yang dipamerkan di MWC 2024 Barcelona.

Hal ini bisa dibilang cukup wajar, lantaran ZTE sendiri mengeklaim Nubia Music, dengan bantuan fitur kecerdasan buatan (AI), mampu mengeluarkan output suara yang 600 persen lebih kencang dibanding ponsel di kelas yang sama.

Selain itu, suara yang kami dengar juga terbilang halus dan memiliki efek bass yang cukup baik. Efek suara juga tidak pecah alias cempreng, meski volume speaker ditingkatkan ke angka maksimal.

Selain speaker, hal menarik lain di Nubia Music adalah ponsel ini memiliki dua lubang audio jack 3.5 mm.

Dengan kata lain, pengguna bisa mendengarkan musik bersama satu teman atau anggota keluarganya dengan aksesori audio kabel berbeda, tanpa harus bertukar atau memakai satu buah earpiece ke telinga mereka masing-masing.

Kedua, ada HP Nubia yang fokus pada fotografi. Faiz tak mengungkapkan model ponsel yang dimaksud. Namun, kemungkinan ponsel ini adalah Nubia Focus 5G dan/atau Nubia Focus Pro 5G yang juga diperkenalkan di MWC 2024.

Ponsel ini dibekali kamera utama 108 MP yang mendukung in-sensor zoom, RAW HDR, dan perekaman video 4K.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat