cpu-data.info

Waspada, 200 Aplikasi Berbahaya di Android dan iOS Ini Bisa Kuras Isi Rekening

Ilustrasi aplikasi seluler.
Lihat Foto

- Ratusan aplikasi Android dan iOS berbahaya diam-diam menguras uang dari rekening pengguna. Selain uang, mereka juga menghimpun data pribadi setiap pengguna yang menginstal aplikasi terkait.

Temuan itu diungkap oleh Kementerian Ekonomi dan Masyarakat (DES) Digital dan Badan Keamanan Siber Nasional (NCSA) Thailand.

Menurut kedua lembaga Thailand itu, setidaknya ada 203 aplikasi berbahaya di Android maupun iOS yang bisa merugikan pengguna.

Meski laporan ini berasal dari Thailand, mayoritas aplikasi berbahaya itu juga ada di banyak negara. Sehingga, setiap pengguna ponsel Android maupun iOS patut waspada.

Baca juga: Segera Update WhatsApp Versi Ini, Ada Celah Keamanan Berbahaya

DES dan NCSA bahkan menyebutkan bahwa pengguna Android maupun iOS di dunia, rentan mengunduh salah satu dari ratusan aplikasi berbahaya yang sudah teridentifikasi itu, meskipun tanpa sengaja.

Aplikasi berbahaya ini dipakai oleh penjahat siber untuk menyebarkan malware setelah aplikasi diinstal. Lewat malware itu, mereka menyusup lalu meretas ponsel dari jarak jauh, mencuri data pribadi, hingga menguras uang dari rekening.

Kedua lembaga Thailand itu melakukan penyelidikan aplikasi berbahaya setelah kasus pencurian uang online marak terjadi di negara tersebut, dihimpun KompasTekno dari Bangkok Post, Minggu (29/1/2023).

Secara umum aplikasi itu meliputi aplikasi pengelola password, edit foto, pemindai PDF hingga aplikasi pesan instan. DES dan NCSA kabarnya sudah menghubungi pihak Google dan Apple, agar menghapus ratusan aplikasi berbahaya itu dari Play Store maupun App Store.

Berikut daftar aplikasi berbahaya di Android dan iOS yang ditemukan DES dan NCSA. Nah, bila Anda termasuk salah satu pengguna yang memasang aplikasi di atas, Anda disarankan segera menghapusnya guna meminimalisir dampak lebih lanjut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat