cpu-data.info

Razer Bikin Headset Gaming yang Bisa Bikin Kepala Bergetar

Tampilan Razer Kraken V4 Pro Wireless (kanan) dan aksesori pusat kontrol OLED Control Hub (kiri).
Lihat Foto

- Pabrikan periferal gaming Razer merilis headset terbarunya, Razer Kraken V4 Pro Wireless.

Headset gaming ini mengunggulkan dukungan umpan balik haptik (haptic feedback), yang membuat pengalaman audio game terasa lebih realistis (immersive).

Haptic sendiri merupakan teknologi yang memberikan umpan balik sensorik berupa sensasi gerakan serta getaran pada hardware dan gadget.

Dengan haptic feedback, headset Razer Kraken V4 Pro Wireless bakal bergetar sesuai dengan kondisi game, misalnya saat ada ledakan yang hebat atau detak jantung yang halus.

Hal ini dimungkinkan oleh teknologi haptik Razer yang dinamai Sensa HD Haptics, yang menggunakan motor getaran dan bisa memahami arah. Output getaran ini dikalibrasi sesuai intensitas aksi dalam game, aspek arah, dan durasi audio yang diputar di latar belakang game.

Baca juga: Razer Rilis Headset Gaming Wireless Kraken V4 dengan Audio THX

Pengguna bisa memilih tiga pengaturan (preset) haptik, yaitu Controlled, Balanced, Dynamic, atau membuat profil sendiri. Ada pula opsi untuk mengatur intensitas getaran headset.

Teknologi ini membawa waktu respons di bawah 20 milidetik, sehingga haptiknya terasa instan.

Sensa HD Haptics juga mendukung konversi audio ke haptik secara real-time. Razer memastikan telah bekerja sama dengan berbagai studio game untuk menghadirkan pengalaman haptic feedback yang disesuaikan dengan game.

Adapun game yang didukung mencakup Final Fantasy XVI, Silent Hill 2 Remake, World of Warships, Stalker 2: Heart of Chornobyl, Hitman World of Assassination, Frostpunk 2, Fate Trigger: The Novita, Once Human, Sniper Elite: Resistance, dan masih banyak lagi.

Selengkapnya, pengguna bisa mengunjungi situs resmi Razer lewat tautan berikut ini, untuk melihat daftar game yang didukung Sensa HD Haptics.

Beberapa game di antaranya diklaim akan menawarkan lebih dari 100 pengalaman haptik yang unik untuk berbagai adegan dalam game.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Headset yang Aman agar Tidak Merusak Pendengaran, Penting

"Razer Sensa dapat mengendalikan beberapa aktuator (komponen yang menghasilkan gaya atau gerakan), untuk mendistribusikan haptik dengan berbagai efek lokal, yang memungkinkan pengguna merasakan arah, jarak, dan lokasi kejadian dalam sebuah game," tulis Razer di situsnya.

Di luar integrasi secara resmi, Razer Sensa HD Haptics juga bisa digunakan untuk semua game yang memiliki audio.

Caranya, pengguna harus membuat profil haptik sendiri, kemudian mengubah pengaturan haptik sesuai rekomendasi Razer. Adapun rekomendasi pengaturan haptik untuk sejumlah game bisa dipelajari di tautan berikut ini.

Selain game, fitur haptic feedback ini dapat dinikmati ketika menonton film atau mendengarkan musik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat