cpu-data.info

Realme C61 Resmi di Indonesia, HP Tahan Banting Bergaya iPhone 15 Pro

Realme C61 rilis di Indonesia, hari ini, Selasa (1/10/2024)
Lihat Foto

- Setelah debut di India pada Juni lalu disusul global pada Juli 2024, ponsel Realme C61 kini resmi meluncur di Indonesia. Smartphone ini dirilis di Tanah Air pada hari ini, Selasa (1/10/2024).

Realme C61 yang rilis di Indonesia berbeda dari versi India. Perbedaanya terletak pada aspek desain punggung dan kamera ponsel. 

Desain dan spesifikasi Realme C61 yang rilis di Indonesia persis dengan versi global. Smartphone ini memiliki kamera belakang dan lampu flash LED yang disusun membentuk segitiga seperti iPhone 15 Pro.

Sementara punggung Realme C61 versi India, hanya menampilkan dua kamera, disusun sebaris vertikal di sudut kiri punggung ponsel, dengan LED flash kecil di sampingnya.

Menurut pihak Realme Indonesia, Realme C61 menawarkan ketahanan yang tinggi baik dari kejatuhan, maupun dari debu dan percikan air. 

Untuk ketahannya, bodi Realme C61 diklaim mampu bertahan saat jatuh dari ketinggian sekitar satu meter ke permukaan granit. Dengan skenario tersebut, pengujian Realme menunjukkan bahwa C61 mampu bertahan tanpa menunjukkan gejala kerusakan baik secara fisik maupun fungsinya.

Sementara untuk ketahanan dari debu dan percikan air, Realme C61 dibekali sertifikasi IP-rating IP54. Dukungan ini diklaim memungkinkan pengguna mengoperasikan layar smartphone walaupun tangan atau layar dalam keadaan basah terkena percikan air.

"Pengguna smartphone di kelas entry-level mengharapkan produk yang dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari termasuk saat menghadapi berbagai kondisi penggunaan. Untuk itulah kami hadirkan realme C61 dengan durabilitas tinggi," kata Krisva Angnieszca, Public Relations Lead Realme Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (1/10/2024).

Baca juga: Mengenal IP Rating di HP dan Maknanya

Spesifikasi Realme C61

Realme C61 ditenagai dengan chipset octa-core. Pihak Realme Indonesia belum merinci chipset yang dimaksud. Mengacu laman Realme global, chipset Realme C61 yaitu Unisoc T16 yang memiliki CPU dengan clockspeed 1,8 GHz dan GPU Mali-G57.

Chip ini juga dipakai perusahaan untuk pendahulu ponsel ini, yaitu Realme C51 yang rilis di Indonesia pada akhir Agustus 2023 lalu.

Baca juga: Realme C51 Resmi di Indonesia, Punya Fast Charging 33W, Harga mulai Rp 1,7 Juta

Di Realme C61, chip itu dipadukan dengan RAM 8 GB, lebih besar C51 dengan 4 GB. Penyimpanan internalnya adalah 128 GB. Ponsel ini juga memungkinkan pengguna memakai kartu microSD sampai 2 TB bila ingin memperluas kapasitas memorinya.

Realme C61 rilis di Indonesia, hari ini, Selasa (1/10/2024)Realme Realme C61 rilis di Indonesia, hari ini, Selasa (1/10/2024)

Smartphone ini dibekali baterai 5.000 mAh. Pengisian ulangnya dapat dilakukan lewat port USB-C dengan dukungan fast charging 15 watt.

Pada aspek kamera, Realme C61 dilengkapi kamera utama 50 MP disertai dukungan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Resolusinya lebih tinggi dari Realme C61 India.

Tersedia pula kamera kedua, tetapi resolusinya belum diungkap Realme. Smartphone ini juga dibekali kamera depan, resolusinya 5 MP. 

Realme C61 memiliki layar 6,74 inci, resolusi HD Plus dan kecerahan hingga 560 nits. Layarnya masih mengusung desain lawas dengan poni, bukan punch hole.

Baca juga: Daftar HP Harga Rp 2 Jutaan di Indonesia, Baru Dirilis Sebulan Terakhir

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat