cpu-data.info

Mark Zuckerberg Makin Tajir, Resmi Gabung "Klub 200 Miliar Dollar AS"

CEO Meta Mark Zuckerberg memamerkan prototipe kacamata AR Orion di atas panggung acara konferensi tahunan Meta Connect, Rabu (24/9/2024).
Lihat Foto

- CEO Meta (induk Facebook, WhatsApp, Instagram, Threads), Mark Zuckerberg resmi bergabung dalam klub "200 miliar dollar AS". Klub eksklusif ini berisi segelintir orang dengan kekayaan setidaknya lebih Rp 3.000 triliun.

Zuckerberg bergabung dengan pemilik Tesla, Starlink, dan X (dulu Twitter) Elon Musk; pendiri Amazon Jeff Bezos; dan pendiri perusahaan merek mewah Louis Vuitton Moët Hennessy (alias LVMH), Bernard Arnault. Keempatnya mencapai tonggak sejarah kekayaan lebih dari 200 juta dollar AS.

Menurut data di Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih (net worth) Zuckerberg telah meroket hingga 201 miliar dollar AS (sekitar Rp 3.055 triliun) per 30 September 2024.

Dengan ini, Zuck, panggilan akrab bos Meta, menjadi orang terkaya keempat di dunia dengan populasi mendekati 8 miliar orang.

Baca juga: Penampakan Jam Tangan Sultan Mark Zuckerberg yang Biasanya Tampil Sederhana

Kekayaan Zuckerberg ini meningkat hampir enam kali lipat dalam waktu kurang dari dua tahun. Ini berkat kenaikan tajam harga saham Meta Platforms Inc.

Menurut data di Google Finance, harga saham Meta meroket 65,31 persen year-to-date (YTD), dari 344,47 dollar AS (sekitar Rp 5,2 juta) per lembar di awal tahun 2024 menjadi 572,44 dollar AS (sekitar Rp 8,6 juta) pada 30 September 2024.

Harga saham Meta meroket 65,31 persen year-to-date (YTD).Google Finance Harga saham Meta meroket 65,31 persen year-to-date (YTD).
Kekayaan Zuckerberg sebagian besar memang berasal dari 13 persen (345,5 juta lembar) sahamnya di Meta. Jadi, kalau harga saham Meta melonjak, total kekayaan bersih Zuck pun akan otomatis naik.

Tokoh industri lainnya seperti CEO Nvidia Jensen Huang dan salah satu pendiri Oracle Larry Ellison juga mengalami peningkatan kekayaan yang signifikan.

Baca juga: Rutinitas CEO Nvidia Jensen Huang, Kerja 14 Jam Sehari dan Sering Makan di Kantin Bareng Karyawan

Namun, kenaikan finansial Zuckerberg tetap tak tertandingi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari India Today, Rabu (2/10/2024). Pada tahun 2024 saja, kekayaan bersih Zuckerberg telah membengkak hingga mencapai rekor 73,4 miliar dollar AS (setara Rp 1.115,9 miliar).

Berkat fokus AI dan metaverse

Foto Mark Zuckerberg saat makan di McDonald's Jepang, diunggah di Instagram pada Selasa (27/2/2024).INSTAGRAM @zuck Foto Mark Zuckerberg saat makan di McDonald's Jepang, diunggah di Instagram pada Selasa (27/2/2024).
Faktor signifikan dalam kinerja saham Meta adalah meningkatnya fokus perusahaan pada AI.

Pada acara Meta Connect 2024 baru-baru ini, Zuckerberg menekankan rencana perusahaan untuk AI, memposisikan Meta AI sebagai salah satu asisten digital yang paling banyak digunakan, dengan 500 juta pengguna aktif bulanan.

Lebih jauh lagi, investasi metaverse Meta yang pernah dianggap sebagai usaha berisiko dan menghabiskan banyak uang (lebih dari 100 miliar dollar AS dari kekayaan Zuckerberg pada tahun 2022), telah mulai membuahkan hasil.

Baca juga: Kacamata Meta Ray-Band Kini Bisa Merespons Real Time Pandangan Pengguna

Peralihan perusahaan ke produk seperti kacamata augmented reality (AR) Orion yang belum lama ini diungkap, menunjukkan ambisi Zuck dan Meta untuk bergerak melampaui media sosial dan menjadi pemain kunci dalam metaverse.

Dengan Meta yang berfokus pada kecerdasan buatan (AI) dan memperluas jangkauannya ke augmented reality dan metaverse, minat investor pun meningkat, sehingga membuat harga saham Meta meningkat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat